9 Tahapan Bikin Blog dan Mulai Menghasilkan Uang

9 Tahapan Bikin Blog dan Mulai Menghasilkan Uang - Temen-temen yang budiman, saya ini pemula alias newbie, bahkan sangat pemula. Saya suka dunia tulis menulis sejak lama. Beberapa kali bikin blog juga sudah dicoba, tetapi selalunya nyerah ditengah jalan.
Gambar dapet nyedot dari sini

Baca juga untuk penyemangat :

Kegiatan ngeblog hanya menghabiskan waktu buat saya. Niat awal pengen menghasilkan duit dari ngeblog, eh malah ngabisin duit karena sering ke warnet hehe. Tapi yang namanya hobi ya tetep saja akan mendarah daging.

Setelah sekian lama tidak bersentuhan dengan dunia bloging, akhirnya saya tergerak kembali untuk memulai ngeblog. Saya terinspirasi oleh Mas Timon Adiyoso lewan channel youtubenya (terimakasih Mas). Dari sana saya banyak belajar tentang blog dan antek-antek didalamnya.

Hampir tiap hari saya buka situs Mas Timon untuk belajar bahkan saya sempat japri lewat whatsapp karena saking bingungnya waktu seting domain TLD. apa itu TLD? coba cari di google haha. karena saya juga tau dari Om google (makasih Om Google)

Siang malam, hujan, gelap saya lalui bersama kesibukan membuka channel youtube dan situs Mas Timon. Bahkan sampai kuota mau habis hehe saya tetep semangat belajar. Demi sebuah cita-cita (wkwkwk)

Dari hasil ngubek-ngubek channel youtube Mas Timon dan jelajah blog Mas Timon akhirnya saya mendapatkan wangsit (haha). Ilmu yang saya dapatkan akhirnya bisa mengantarkan blog saya lolos di review oleh google adsense

Proses review sekitar 4 hari yang saya ingat. Pas ada kabar baik dari google adsense, betapa bahagianya saya padahal trafik blog masih zonk alias nol. Tapi biarinlah dalam hati saya yang penting sudah diterima oleh google adsense sudah bersyukur.

Setelah dapat kabar baik itu, semangat ngeblog saya naik drastis menjadi 1000% (WOW). Padahalkan belum menghasilkan apa-apa hehe. Tapi dari sana saya tambah semangat untuk menulis. Bahkan tulisan ini saya buat dengan semangat menggebu-gebu. teman-teman pemula juga harus semangat yaa

Okey, udah kelamaan pembukaannya. jadi intinya temen-temen pemula (yang master blog minggir dulu) harus perhatikan 9 hal ini kalau mau serius di blog dan bertujuan ingin mendapat uang dari blog. ini dia:

1. Bikin blog

Ya pasti dong. masa mau ngeblog tapi enggak bikin blognya. Ibarat mau buka warung tapi enggak ada tempatnya. Cem mana tuh? heheu. Untuk bikin blog temen-temen cukup buka situs resmi Blogger.com lalu daftar deh (mudah banget) syaratnya kudu punya gmail (google mail)


2. Beli domain (rumah web)

Emang harus beli domain? tidak harus sih sebenarnya, gratisan juga bisa. Tetapi jika blog temen-temen pengen terlihat profesional, cobalah beli domain. Saya beli domain di rumahweb. Temen-temen bebas mau beli dimana. Tapi pengalaman saya, di rumah web itu supportnya bagus. menurut saya loh yaa

3. Seting domain

Setelah beli domain lalu di apain. Temen-temen seting domain yang tadinya seperti ini (ex: kangmuksit.blogspot.com) menjadi (ex: kangmuksit.com) kira-kira lebih profesional mana antara yang pertama dengan yang kedua?. temen-temen tentu bisa milih sendiri.

4. Beli template 

Harus beli template?. lagi-lagi ini kembali ke temen-temen. Kalau mau pake template gratisan dari blogger, bisa. Cuman kalau mau terlihat bagus bisa beli di mas sugeng (sugeng.id). selain bagus dan responsiv, juga ada tutorial cara memasang template di blog kita

5. Seting template

Untuk seting template sudah di sediakan tutorialnya oleh mas Sugeng

6. Buat konten

Konten yang temen-temen buat harus ori alias aseli pake shod. Jangan coba-coba kopi paste. Bahaya!!!. 

7. Seting disclaimer, peta situs, kontak, dll


Ini tujuannya agar blog temen-temen dapat diindex oleh google

8. Setelah bikin artikel daftarin ke webmaster tools/google search console

Agar orang bisa menemukan artikel yang ditulis oleh temen-temen, maka perlu daftarkan setiap link tulisan temn-temen ke webmaster tools atau google search console

9. Daftarkan situs di adsense

Baru deh jika blog temen-temen sudah rapi, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog temen-temen ke google adsense

itu saja tulisan kali ini. Semoga ada manfaatnya. aamiin 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan link

Iklan Tengah Artikel 1 baru

Iklan Tengah Artikel 2 baru

Iklan Bawah Artikel