PANTAI MENGANTI KEBUMEN, SURGA TERSEMBUNYI DI JAWA TENGAH

Pantai Menganti (menganti beach), itulah nama sebuah pantai yang saat ini sedang viral. Bagaimana tidak, dalam dua minggu puhak pengelola pantai Menganti meraup keuntungan hampir 2 milyar (informasi ini saya dapatkan dari paman yang kebetulan bergabung menjadi relawan tim SAR di pantai tersebut). Pantai menganti tidak dikelola oleh pemerintah daerah kebumen tetapi dikelola oleh desa setempat yaitu desa Karang Duwur.


Banyak yang mengira bahwa pantai menganti termasuk dalam daerah Cilacap atau Purwokerto padahal sebenarnya masuk dalam kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Itu mungkin terjadi karen orang cenderung lebih mengenal kedua kabupaten diatas disbanding kebumen. Tapi berbeda dengan sekarang, kebumen menjadi sangat terkenal dengan berbondong-bondongnya orang dari seluruh Indonesia berlibur ke pantai Menganti

Lokasi pantai Menganti berada di Jalan pantai Menganti, Desa Karang Duwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah (central java), Indonesia 54473. Untuk sampai kesana jika dari Jakarta bisa dengan kendaraan bermotor baik speda motor atau mobil. Naik kreta juga bisa dari stasiun senen berhenti di stasiun Ijo gombong. Rute pantai menganti dari purwokerto cukup mudah. Sobat bisa menggunakan speda motor melalui jalan tambak kemudian tembus ke arah goa petruk dan pantai logending Ayah. 
Tiket masuk ke pantai menganti cukup murah meriah tidak sampai seharga soto ayam di Jakarta hehe. Yups harga tiket masuknya hanya 15.000 saja untuk kendaraan bermotor dan 25.000 untuk mobil. Didalem area pantai, sobat semua tidak akan dikenakan biaya parkir lagi karena harga tiket masuk tadi sudah include parkir kendaraan kita, murah kan?
Ada ap aja di area pantai menganti? Pada saat sobat masuk ke area pantai pasti yang pertama dilihat adalah deburan ombak besar dengan air yang jernih khas pantai selatan. Sobat semua akn dimanjakan dengan pemandangan yang aduhai. Selain area pantai, sobat juga akan melihat deretan homestay dan villa yang ada di sekitar pantai menganti. Villa dan homestay itu biasa digunakan untuk pengunjung yang akan menginap. Tertarik untuk coba nginep disana? Pasti asyik banget suasananya.

Villa dan homestay berada diatas bukit. Dari sana sobat bisa melihat pemandangan ke laut yang sangat indah. Dari sana juga sobat bisa mengambil keindahan foto laut pantai menganti. Fasilitas yang ada di sekitar pantai menganti cukup lengkap. Ada mushola dengan ukuran sedang, toilet yang cukup bersih dan nyaman, kemudian ada banyak jajanan dan rumah makan yang rasanya enak-enak. Selain itu ada juga jasa foto dan ambil gambar disana. 

Di pantai menganti, ada satu spot yang sangat bagus dan menarik untuk foto atau ambil gambar. Jika dari arah pantai sobat ingin ke lokasi jembatan merah atau terkenalnya dengan jembatan gebyuran merah, maka sobat akan diantar oleh petugas menggunakan mobil losbak dengan kursi yang telah ditata rapi. Mobil losbak tersebut muat untuk kira-kira 11 orang dewasa. Jarak dari area pantai sekitar 5 menit dengan menggunakan mobil losbak tadi

Selain itu, ada banyak spot untuk mengambil foto yang cukup bagus. Dan biasanya pengunjung termasuk saya waktu itu (bulan juni 2019) sengaja berkunjung di sore hari karena mengejar ber foto sunset (matahari terbenam). Foto sunset di pantai menganti sangat bagus dan indah. Selain jembatan gebyuran merah, sobat juga bisa melihat balon udara, speda gantung, kemudian bukit sigatel

Jika sobat ingin berlibur ke pantai, maka pantai menganti ini wajib jadi destinasi karena ibdaah bangeeeet sob


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan link

Iklan Tengah Artikel 1 baru

Iklan Tengah Artikel 2 baru

Iklan Bawah Artikel