Persiapan Umroh Bagi Pria dan Wanita (Bag.1)

Setiap Muslim diseluruh dunia pasti punya cita-cita ingin beribadah ke tanah suci Makkah maupun Madinah. Namun tidak banyak yang berkesempatan untuk bisa sampai kesana. Selain karena biaya yang mahal, juga bisa jadi karena belum dipanggil oleh Allah Swt. Urusan haji adalah urusan panggilan Allah Swt. Meskipun orang kaya yang punya banyak uang, pejabat yang memiliki jabatan tinggi, anak presiden, bahkan siapapun tidak bisa berangkat ketanah suci jika bukan karena panggilan Allah Swt. 


Banyak contohnya, orang-orang yang dari segi materi mereka kekurangan tetapi lebih dulu sampai di tanah suci, itu semua karena panggilan Allah Swt kepada orang tersebut. Saya pernah bahkan sering membawa jamaah yang berprofesi sebagai tukang pungut sampah, tukang nasi uduk, tukang kuli bangunan dan banyak lagi lainnya yang menurut kasat mata manusia tidak mungkin mampu berangkat ketanah suci. Tetapi Allah Maha berkuasa atas segala hal termasuk memampukan orang yang menurut kebanyakan manusia tidak mampu.
Jika suatu saat anda mendapatkan kesempatan dipanggil oleh Allah SWT untuk beribadah di Tanah Suci, jangan lupa persiapkan segala kebutuhan dengan teliti. Pasalnya, perjalanan ibadah umrah cukup memakan waktu yang lama missal durasi perjalanan dipesawat saja kurang lebih 9 jam belum lagi dihitung dari rumah dan perjalanan setelah landing dari pesawat menuju hotel pastinya akan sangat melelahkan. Oleh karena itu perlu disiapkan dengan baik.
Agar perjalanan umrah terasa nyaman dan aman ada beberapa hal penting yang harus disiapkan selain memastikan kondisi kesehatan jamaah, berikut hal-hal penting yang perlu disiapkan sebelum berangkat umroh, apa saja yang harus dibawa? simak penjelasan dibawah ini:


Beberapa Perlengkapan Untuk di Pesawat

Saat anda memutuskan untuk berangkat umrah, maka perlu dicatat dan diingat beberapa perlengkapan yang harus dibawa untuk digunakan dipesawat mengingat kondisi didalam pesawat yang dingin dan juga durasi perjalanan dipesawat cukup lama, maka pertama yang harus disiapkan adalah 
Jaket tebal 
kaos kaki
sarung tangan
Mengapa harus memakai itu semua? Karena didalam pesawat cukup dingin, kebayang jika Anda kedinginan selama 9 jam.

Obat-Obatan Secukupnya

Saya kira obat-obatan harus masuk dalam daftar barang bawaan wajib karena anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja ketika diperjalanan, anda atau jamaah lain terkena sakit seperti demam, flu, atau diare. Setidaknya siapkan obat-obatan umum seperti obat mual, pusing, flu, diare, hingga balsam.  Jangan lupa untuk membawa juga tolak angina, minyak telon atau kayu putihbuat anda yang rentan dengan mabuk perjalanan.
Sementara jika anda membawa keluarga maka tentu harus mempersiapkan lebih banyak hal missal bekal makanan anak untuk dipesawat/diperjalanan meski pihak maskapai telah menyiapkan makanan, namun hal itu dilakukan terjadwal tidak setiap saat sementara anda tidak tahu kapan anak lapar dan minta makan oleh karena itu perlu persiapan teliti ditambah jika anda membawa anak kecil yang masih memakai pampers, maka anda harus membawa persediaan secukupnya.

Uang Real

Membawa uang yang sudah berbentuk real relative lebih nyaman karena anda tidak repot untuk menukarkan uang di Saudi. Dengan begitu, anda jadi tinggal belanja. Kelebihan lainnya uang anda jadi lebih tipis di dompet berbeda jika masih dalam bentuk rupiah uang akan terasa tebal di dompet. Jangan lupa untuk menukarkan uang di money changer terpercaya dengan kurs bagus.


Demikian hal penting yang perlu dicatat dan diingat oleh anda ketika hendak beribadah umrah. Tentu masih banyak hal lain yang belum tertulis diatas. Saya akan sambung di tulisan selanjutnya. Kritik dan saran boleh dilayangkan ke muksithaetami@gmail.com 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan link

Iklan Tengah Artikel 1 baru

Iklan Tengah Artikel 2 baru

Iklan Bawah Artikel