Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hajar Aswad dan Bagaimana Cara Mudah Menciumnya


Kangmuksit.com- puji syukur kehadirat Allah Swt. Karena atas nikmatnya, saya bisa terus menulis hal-hal bermanfaat seputar haji dan umroh.

suasana di sekitar hajar aswad
Tak lupa sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada baginda agung Nabi Muhammd SAW.

Secara bahasa, umrah artinya berziarah. Sementara secara istilah umrah adalah berkunjung ke tanah suci untuk melakukan tawaf, sa’i, dan juga tahallul.


الطواف بالبيت و السعي بين الصفا  والمروة بإحرام

Tawaf di sekeliling Baitullah dan sa’I antara Shafa dan Marwah dengan berihram

Ibadah umrah memiliki rukun, syarat dan wajib tersendiri. Rukun umrah tentu berbeda dengan rukun haji. Oleh karena itu orang yang melakukan ibadah haji jauh lebih menguras fisik dibandingkan dengan ibadah umrah.


Biasanya, ibadah umroh memakan waktu sembilan hari, dengan perincian tiga hari di Madinah dan 4 hari di Makkah kemudian dua hari di perjalanan pulang pergi.

Meski tidak banyak, ada juga orang yang melaksanakan umroh lebih lama. Ada yang dua belas hari, lima belas hari, bahkan ada yang sampai satu bulan.


Jika melebihi satu bulan maka itu sudah melewati batas visa umroh. Karena batas maksimal visa umrah adalah satu bulan. Maka jika ada yang lebih dari satu bulan, itu termasuk stay over.

Saat melaksanakan umroh, selain melakukan ibadah-ibadah wajib, maka jama’ah biasanya dianjurkan untuk melakukan amalan ibadah sunnah. Seperti, tawaf sunnah, tadarus alqur’an, sholat sunnah dibelakang maqom nabiyullah Ibrahim dan banyak ibadah sunnah lainnya.


Meski ibadah sunnah, seperti mencium hajar aswad, hampir semua jama’ah tidak pernah melewatkan untuk mengerjakannya kendati sebagian dari mereka ada yang tidak kesampaian untuk melakukannya.

Misal pada saat ingin mencium hajar aswad, karena kondisi begitu ramai dan penuh sesak, maka bagi sebagian orang menjadi sangat sulit. Akan tetapi itu adalah itung-itungan manusia, pasalnya ada juga seorang jamaah perempuan yang secara fisik lemah tetapi bisa mencium hajar aswad yang sangat ramai.

Jadi mencium hajar aswad itu juga tidak seratus persen karena usaha kita, disana ada campur tangan Allah Swt lewat para Malaikatnya. Mencium hajar aswad menghapus dosa menurut salah satu riwayat.

Keutamaan Mencium Hajar Aswad

Hadis Siti Aisyah RA mengatakan bahawa Rasul SAW bersabda:"

Nikmatilah (peganglah) Hajar Aswad ini sebelum diangkat (dari bumi). Ia berasal dari syurga dan setiap sesuatu yang keluar dari syurga akan kembali ke syurga sebelum kiamat”.

Tentu semua itu kembali kepada kita, apakah selama di tanah air kita sering meringankan beban orang lain, atau malah sering menyusahkan orang lain. Faktor itu sangat mempengaruhi bagi kita ketika berada di tanah suci.

Maka sangat dianjurkan jika ingin mencium hajar aswad, kita terlebih dahulu memohon ampun dengan beristigfar kepada Allah Swt.

Meminta ampun atas segala dosa, salah dan khilap terhadap orang lain. Mencium hajar aswad artinya menempelkan kedua bibir kita ke batu yang mulia, yang berasal dari surga.

Baik sobat kita langsung ke intinya, mungkin bagi sebagian bahkan hampir semua jamaah umroh ataupun haji rasanya tidak afdol jika tidak sampai mencium hajar aswad. Ada sesuatu yang kurang rasanya.

Mencium hajar aswad hukumnya sunnah. Tetapi ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa perbuatan mencium hajar aswad syirik. Berbeda pandangan itu biasa.

Tetapi, untuk mencium hajar aswad ini juga tidaklah mudah karena kita harus berebutan, berjibaku dengan orang lain yang postur tubuhnya lebih besar dan tinggi dari kita.

Bagi yang sudah pernah mencium hajar aswad, pasti merasakan bagaimana desak-desakan disekitar batu hajar aswad tersebut. Bayangkan, semua orang dari berbagai penjuru ingin mencium hajar aswad.

Sementara batu hajar aswad itu ukurannya kecil dan lokasinya sempit. Maka wajar jika banyak orang atau jamaah yang kemudian menyerah.

Pengalama Dada Retak Saat Mencium Hajar Aswad

Saya punya pengalaman yang sangat pahit, saat itu tahun 2015 saya membawa jamaah umroh ke tanah suci. Pada saat waktu luang, beberapa jama’ah meminta untuk diantarkan mencium hajar aswad.

Di loby hotel, saya memberitahukan ke jamaah bahwa jika sekiranya berbahaya, maka jangan memaksakan diri untuk lanjut mencium hajar aswad.

Salah satu jamaah ternyata ada yang tidak mengindahklan perintah itu. Jamaah itu tetap memaksakan diri untuk mencium hajar aswad. Ia berusaha menerobos dari bagian tengah melewati orang yang sedang berkerumun.

Akhirnya, meski ia dapat mencium hajar aswad, sayangnya setelah itu harus masuk rumah sakit karena setelah di rontgen ternyata ada bagian dada yang retak.

Setelah saya tanya kepada yang bersangkutan, memang betul dadanya tersikut oleh salah seorang jamaah berbadan besar yang mungkin berasal dari Afrika.

Semoga hal itu tidak terjadi kepada kita. Mencium hajar aswad itu sunnah dan baik tetapi jika membahayakan diri sendiri apalagi sampai membuat luka, maka itu menjadi haram dan dilarang oleh agama karena termasuk dzalim dan berlebihan.

Lakukan Hal Ini Sebelum Mencium Hajar Aswad

  1.  Niat ikhlas karena Allah Swt
  2.  Membaca istigfar sebanyak-banyaknya
  3.  Membaca “laa haula walaa quwwata illa billahi al aliyyil adzim” sejak berangkat dari hotel menuju ke lokasi hajar Aswad
  4. Jangan menyakiti orang lain
  5.  Pasrah sepenuh hati kepada Allah Swt
Jika poin-poin diatas telah dilakukan, maka saatnya untuk mendekat ke arah ka’bah al musyarrofah. Ikuti langkah-langkah berikut;
  1. Mulai masuk ke Masjidil Haram dengan berdo’a kepada Allah Swt.
  2. Terus bersholawat sepanjang waktu
  3. Mulai dengan tawaf sunnah 7 putaran
  4. Selesai tawaf sunnah, lanjut dengan sholat sunnah dua raka’at dibelakang maqom Ibrahim
  5. Setelah sholat dua raka’at mulai jalan menuju ke arah hajar aswad. Ingat jangan melawan arus. Jalan mengitari ka’bah sampai pada dinding ka’bah di area rukun yamani. Setelah berada di rukun yamani, maka terus menempel didinding ka’bah sampai pada akhirnya bisa mencium hajar aswad

Cara diatas telah saya buktikan sendiri dan alhamdulillah berhasil. Jamaah yang juga mengamalkan cara diatas, bisa mencium hajar aswad. Semoga Allah Swt. Memudahkan siapa pun yang hendak mencium hajar aswad yang mulia.

Wallau a’lam