Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencium Hajar Aswad


edited by canva
Kangmuksit.com - Diriwayatkan dari sayyidatina Aisyah RA, istri daripada baginda Rasulullah Muhammad Saw. Beliau bersabda, “Nikmatilah (peganglah) Hajar Aswad ini sebelum diangkat (dari bumi). Ia berasal dari syurga dan setiap sesuatu yang keluar dari syurga akan kembali ke syurga sebelum kiamat”.


Mencium hajar aswad pada saat menunaikan Haji dan Umroh Di Baitullah tidak dapat diwakilkan, tanpa kita sadari ia akan menjadi penyedot dosa kita, alangkah beruntungnya orang yang mampuh menyentuh, mengusap dan memegangnya.


Mencium hajar aswad adalah sunnah Rasul. Dan pengertian daripada sunnah adalah, jika dikerjakan ia akan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak akan mendapat pahala dan dosa.

Dlam prakteknya, banyak orang atau jamaah haji dan umroh yang memaksakan diri agar bisa mencium hajar aswad. Padalah membahayakan dirinya.


Sesuatu yang awalnya baik bahkan sunnah, bisa berubah karena sebab mudharatnya lebih besar bagi dirinya. Misal, pada saat ingin mencium hajar aswad, situasinya sangat ramai.

Di sekitar hajar aswad banyak jamaah dari berbagai belahan dunia. Kemudian ia tetap memaksakan sehingga menyebabkan dirinya terluka. Maka hal seperti itu tidaklah dianjurkan oleh agama.

Seperti pengalaman salah satu jamaah umroh saya. Beliau sudah saya ingatkan agar jangan memaksakan diri untuk mencium hajar aswad dalam kondisi ramai.

Akan tetapi beliau tetap bersikeras dan melanjutkan keinginannya untuk mencium hajar aswad. Hingga akhirnya ia harus dilarikan ke rumah sakit disebabkan oleh dada yang retak karena tersikut oleh salah satu jamaah umroh dari luar negeri.

Dibawa ini beberapa tips yang sudah penulis praktikkan dan alhamdulillah berhasil mencium hajar aswad.

Tiap orang atau jamaah mungkin berbeda. Maksudnya, meski sudah mempraktikkan tips ini tetapi masih ada juga yan belum berhasil mencium hajar aswad. Ini bisa jadi disebabkan karena faktor lain yang tidak ditaati.

Memang ada faktor apa saja? Banyak. Misalnya, tidak adanya keyakinan kepada Allah SWT bahwa dia bisa mencium hajar aswad.

Keyakinan dalam melakukan sesuatu itu sangat penting. Sebagaima Guru mulia, Al Allamah Habib Saggaf sering mengatakan;
اليقين العلم كله
Artinya, keyakinan adalah meliputi seluruh ilmu.

Jadi jika kita tidak yakin terhadap sesuatu, maka jangan harap itu akan menjadi kenyataan.
Dibawah ini adalah beberapa tips mencium hajar aswad yang mungkin bisa sahabat praktikkan ketika umroh atau haji;

1.      Niatkan dalam hati ikhlas karena Allah SWT. 

Saat hendak berangkat ke masjid dari pemondokan atau dari hotel, terlebih dahulu memasang niat yang kuat karena Allah SWT. Bahwa semata-mata mencium hajar aswad karena Allah SWT bukan karena yang lain.

2.      Senantiasa berdzikir kepada Allah SWT dan bersholawat keatas baginda Nabi Muhammad SAW.


dari mulai berangkat sampai tiba di Masjidil haram bahkan sampai mencium hajar aswad.

    3.     Jangan menyakiti atau mendzalimi orang lain. 

      Dari mulai keluar hotel, dijalan menuju masjidil haram, sampai tiba di Masjidil Haram, pastikan hati, perkataan, perbuatan tidak menyakiti orang lain. Jaga dengan sebaik-baiknya.

   4. Memasuki Masjidil Haram dengan berdo’a terlebih dahulu dan ketika melihat ka’bah hendaknya berdoa.

    5. Awali dengan tawaf di sekeliling ka’bah

    6. Setelah selesai tawaf, ambil arah melipir dari rukun yamani menempel dengan dinding kabah. Sehingga nanti pelan-pelan akan terdorong oleh jamaah lain. Pastikan tidak keluar atau tidak menjaud dari dinding ka’bah.

Jika cara-cara diatas dipraktikkan, insya Allah niat mencium hajar aswad akan tersampaikan.

Pembimbing Umroh dan Haji