MENGAPA BERBISNIS TRAVEL UMROH?


Kangmuksit.com - “Bermimpi itu gratis,” kata S.D. Darmono. Namun, hanya dengan bermimpi, tak akan terjadi apa-apa. Untuk meraih sukses dan memberi sumbangan berarti bagi Tanah Air, kita juga harus mulai melakukan sesuatu, meski kecil-kecilan, dan bergerak cepat. Think big, start small, move fast! Itu kata kuncinya.

Ilustrasi
Peningkatan jamaah umroh disebabkan oleh peningkatan pendapatan masyarakat dan faktor daftar tunggu haji yang relatif lebih lama. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat memilih melakukan ibadah umroh terlebih dahulu.




Oleh karena itu, bisnis travel umroh merupakan bisnis yang abadi dan berjangka panjang. Dengan posisi seperti ini, sudah jelas bahwa prospek bisnis umroh sangat menjanjikan.

Ibadah haji dan umroh merupakan perjalanan spiritual yang diperintahkan oleh Allah SWT. Kewajiban tersebut ditujukan bagi umat Islam yang mampu secara materi, fisik, dan mental. Disamping itu, dalam pelaksanaannya jamaah haji harus memahami ilmu manasik haji.




Peluang meraup untung hingga miliaran rupiah sudah bukan wacana lagi bagi pemilik biro travel umroh dan haji. Jelas saja, pangsa pasar usaha ini adalah umat Muslim. Dan Indonesia adalah negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia. Sudah untung, ibadah juga dapat karena memberangkatkan orang ke tanah suci.

Dalam bisni apapun, yang namanya resiko pasti ada. Tinggal besar atau kecil. Di bisnis ini resiko pasti ada, hanya saja tergantung kepada pengelolaan pemilih usaha. Dan terus menerus belajar serta bertanya kepada senior adalah hal yang dapat meminimalisir terjadinya resiko bisnis.




Agar tidak terjadi proses yang lama karena trial and error, maka ada baiiknya untuk mencari orang atau mentor yang sudah lebih dahulu sukses. Merapat.tempel. pelajari apa yang sudah ia lakukan.

Dengan cara seperti itu, kita akan lebih cepat sukses karena sukses itu sebenarnya memiliki pola. Dengan mempelajari pola yang sudah ia bentuk, kita melakukan ATM, yaitu Amati, Tiru, dan M-nya MODIFIKASI.




Bagi saya, ilmu bisnis atau lebih spesifik marketing itu adalah hal yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis. Bisa dikatakan, ruh atau ujung tombak sebuah bisnis. Maka tidak heran jika perusahaan berani keluar kocek yang lebih besar hanya untuk membiayai divisi marketing.

Namun ada sesuatu yang sering saya lakukan jika bertemu dengan orang yang telah sukses. Saya mengajukan dua pertanyaan kepada orang tersebut. Apa ACTIONnya dan bagaimana AMAL atau AMALANnya.

Pertama, ACTION. Coba tanya kepada yang sudah sukses. Apa hal pertama yang dilakukan ketika membangun sebuah bisnis dari NOL. Lalu strategi apa yang digunakan sehingga bisnis yang dijalankan sangat sukses. Kita bisa bertanya tentang semuanya. Buang gensi, buang sifat malu dan minder karena itu hanya akan membuat kita semakin jauh dari SUKSES.

Kedua, AMALAN. Tanyakan kepada yang sudah sukses apakah amalan yang sering sekali dilakukan sehari-hari. Apakah itu BERBAKTI terhadap kedua orang tua, MEMBAHAGIAKAN keluarga, Mencintai anak yatim dan faqir miskin. Maka, kita bisa meniru dari beberapa amalan yang telah dilakukan secara istiqomah oleh orang yang telah sukses.

Karena sukses itu pola, maka kita bisa juga sukses dengan meniru pola orang lain baik ACTION nya ataupun dari segi AMALANNYA.

Kembali kepada judul diatas. Mengapa memilih berbisnis umroh dan haji?. Ibadah haji dan umroh tidak dapat dipisahkan dari ajaran tauhid dan praktiknya. Hal ini tampak jelas dalam realitas yang terjadi dalam ibadah tersebut.

Perintah Allah adalah mengikhlaskan ibadah haji dan umrah hanya kepada-Nya, seperti firman Allah :
وَأَتِمُّواْ ٱلۡحَجَّ وَٱلۡعُمۡرَةَ لِلَّهِۚ ١٩٦
Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah.(Albaqoroh: 196)

Hal ini menunjukan bahwa ibadah haji dan umroh tidak akan diterima, kecuali harus terwujud keikhlasan yang merupakan realitas tauhid kepada-Nya.

Ada beberapa alasan mengapa memilih berbisnis travel umrah bukan bisnis lainnya.
1. Bisnis dengan keuntungan dunia akhirat
         Ajaran islam mengatur bahwa semua perbuatan manusia merupakan sebuah bentuk investasi. Hasil     dari investasi tersebut akan diperoleh dan dapat dinikmati, baik di dunia maupun di akhirat.

      2. Jumlah penduduk Muslim yang sangat besar
    Negara kita, Indonesia, telah menempati peringkat nomer satu sebagai negara dengan jumlah              penduduk Muslim terbanyak di dunia, yakni sekitar 247 juta orang. Dengan posisi seperti ini,              sudah    jelas bahwa prospek bisnis umroh sangat menjanjikan.

       3. Jumlah jama’ah yang terus meningkat
    Dari data Kementerian Agama menyebutkan bahwa jumlah jama’ah umroh di Indonesia                      meningkat  dari tahun 2012, yang jumlahnya sekitar 500 ribu orang, menjadi sekitar satu juta               jamaah pada tahun 2013.

       4.  Adanya pengurangan kuota haji
       5.  Daftar tunggu haji yang semakin panjang
       6.  Pelaksanaan ibadah umroh tanpa batas waktu
       7.  Keuntungan besar

Berdasarkan uraian diatas terlihat bahwa pangsa pasar bisnis travel umroh sudah jelas. Tak jarang, pebisnis travel wisata pun kemudian melakukan terobosan dengan mendirikan travel umroh untuk memperluas jangkauan bisnisnya.

Pembimbing Umrah & Haji


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan link

Iklan Tengah Artikel 1 baru

Iklan Tengah Artikel 2 baru

Iklan Bawah Artikel