Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berangkat Umroh


Persiapan sebelum berangkat umroh sama pentingnya dengan rangkaian umroh itu sendiri. Semakin matang persiapannya, maka kemungkinan lancar dalam proses umroh  semakin pasti.



Pun demikian jika persiapannya kurang matang, maka kemungkinan besar saat umroh akan terjadi masalah yang kita tidak harapkan terjadi.


Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan terjadi saat proses umroh, maka sebaiknya kita mempersiapkan dengan matang sebelum keberangkatan umrah.

Apa saja persiapan yang perlu diperhatikan pada saat kita mau berangkat umroh?
Persiapan disini terbagi menjadi beberapa bagian. Pertama, saat di pesawat, kedua, saat di bandara. 

Ketiga, saat di Madinah dan Makkah. Kemudian terakhir saat kepulangan ke tanah air.


Persiapan saat di pesawat

Perlu diperhatikan bagi yang baru pertama kali naik pesawat, bahwa kondisi di dalam pesawat itu dingin.

Oleh karena kondisi sangat dingin, maka perlu mempersiapkan jaket yang tebal agar tidak kedinginan dan bisa istirahat dengan nyaman selama di dalam pesawat.


Selain jaket, jamaah juga harus menyiapkan sarung tangan dan kaos kaki. Meski sudah menggunakan jaket, tetapi jika tangan tidak memakai sarung dan kaki tidak ditutup dengan kaos kaki, maka rasa dingin dipesawat masih akan terasa menusuk sampai tulang.

Jika jaket, kaos kaki dan sarung tangan sudah dikenakan, maka insya Allah perjalanan selama sembilan jam akan terasa nyaman. Selain itu, ada hal yang tak kalah penting dari menyiapkan jaket, kaos kaki, dan sarung tangan, yaitu faham tentang penggunaan toilet di pesawat.


Perlu difahami bahwa penggunaan air di pesawat sangat terbatas, artinya sebisa mungkin meminimalisir penggunaan air di toilet pesawat.

Jika perkara ini disepelekan, maka akibatnya akan sangat fatal. Maka sarannya adalah jangan terlalu banyak menggunakan air saat di toilet pesawat, gunakan air secukup dan seperlunya saja.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau menginginkan sesuatu, misal pengen air panas untuk keperluan minum obat dan lainnya, maka tidak usah ragu dan sungkan untuk langsung bertanya dan meminta bantuan kepada pramugari yang ada di dalam pesawat. Mereka sangat welcome dan terbuka.

Persiapan saat di Bandara

Bandara itu gerbang masuk bagi suatu negara yang kita tuju. Setiap negara pasti memiliki aturan tersendiri agar tercipta keamanan dan kenyamanan bagi para pendatang/pengunjung negara tersebut. Bagi kita yang hendak umroh, pilihannya kalau tidak  landing di bandara Jedah maka landing di bandara Madinah.


Kedua bandara tersebut memiliki aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Maka bagi kita adalah mentaati aturan yang berlaku agar tetap aman dan bisa masuk kedalam negara tujuan dengan tanpa kendala. Hal yang perlu di perhatikan adalah tidak boleh membawa senjata tajam saat kita memasuki bandara.

Ini akan sangat fatal jika ketahuan atau terdeteksi oleh petugas bandara setemmpat. Hal lain yang perlu dihindari adalah membawa cairan dalam ukuran besar. Pada intinya, semua aturan yang ada di dalam bandara perlu diperhatikan agar tetap aman dan nyaman.

Persiapan di Madinah dan Makkah

Karena kondisi cuaca negara kita Indonesia  berbeda dengan negara saudi arabia, maka otomatis akan berpengaruh pada kondisi badan jamaah. Hal yang biasa dialami oleh jamaah umroh pada saat di saudi adalah batuk, pilek, demam dll.

Jangan khawatir itu adalah proses adaptasi di saudi. Oleh karena itu ada hal-hal yang perlu disiapkan disana. Pertama, siapkan masker. Ini sangat berguna kietika kita berada di saudi.

Kondisi disana banyak sekali debu, maka jika kita sudah siap dengan masker, insya Allah akan membantu terhindar dari pilek dll. Kedua, siapkan selau vaselin atau sejenisnya.

Kulit kita disana akan mudah kering apalagi dalam area bibir maka jika diolesi oleh vaselin atau sejenisnya Insya Allah akan menghilang dan tentu membuat kita lebih nyaman dalam hal beribadah.

Selanjutnya, bawa sendal jepit. Ini penting, untuk lalu lalang dari hotel ke Masjid atau sebaliknya. Kemudian penting juga untuk menyiapkan obat-obatan yang cukup. Bawa saja obat demam, pilek, batuk, masuk angin dll.

Meski di Saudi sudah banyak apotek tetapi lebih baik jika sudah disiapkan dari Indonesia. Bagi ibu-ibu yang mungkin sayang untuk laundry karena harga mahal, bisa juga bawa sabun cuci dan membawa hanger/gantungan pakaian.

Bisa mencuci pakaian di dalam toilet kamar mandi lalu menjemurnya di pentry. Lumayan sedikit menghemat dan uang jatah laundry bisa buat beli oleh-oleh. Penting juga untuk menyiapkan uang real sejak dari tanah air, agar sampai di saudi dan ingin belanja, sudah siap dengan uang real.

Meski di saudi banyak money changer, tetapi akan lebih enak jika sudah disiapkan sejak dari Indonesia.

Demikian hal-hal yang perlu disiapkan ketika ingin berangkat umroh. Semoga Allah SWT memberikan rezeki agar bisa umroh dan hajij juga menolong sesama kita. Aamiin.

Muksit Haetami
(Khadim Duyufullah & Duyufurrasul)