Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Bisnis Travel, Kasi Umroh Banten; Miliki 5 Poin Ini!


Hari ini, rabu tanggal 05 Februari 2020, saya berkesempatan menghadiri sebuah acara yang diinisiasi oleh Aliansi Travel Muslim Indonesia (ATMI) dengan tema, Digital Industry, Financial Strategy, dan Community Optimized. Tujuan ikut acara ini adalah untuk belajar bisnis travel umroh dan haji.

Haji Deni Rusli (Kasi Umroh & Haji Wilayah Provinsi Banten)
Ketika Menyampaikan Pemaparan Tentang Regulasi Umroh Terbaru
Acara ini dilaksanakan di Sky Saphire hotel BSD. Ada banyak elemen yang hadir. Mulai dari Direktur Bina Haji & Umroh Pusat yaitu Bapak Arfi Hatim, Kepala Seksi & Penindakan Haji & Umroh Kantor wilayah provinsi Banten, Bpk Haji Deni Rusli. Saya jadi bisa berkesempatan menimba ilmu tentang haji, belajar bisnis travel haji dan umroh dari beliau secara langsung.


Selain itu, turut hadir beberapa mitra atau rekanan travel Bahana Sukses Sejahtera (BST). Mereka hadir dengan niat belajar bisnis travel haji dan umroh kepada para senior yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam acara bertajuk belajar bisnis travel umroh dan haji, diisi dengan sambutan-sambutan yang sangat berbobot dari para undangan. Sambutan pertama dari kepala seksi umroh dan haji kantor wilayah provinsi banten. Semua peserta mendengarkan dengan serius dan seksama.


Sambutan kedua disampaikan oleh salah satu perwakilan mitra BS Travel dari Padang. Ia menyampaikan pentingnya berorientasi pada pelayanan bukan pada keuntungan atau profit semata. Bobot materi tentang belajar bisnis travel ini semakin lengkap dengan hadirnya direktur bina haji dan umroh kementerian agama republik indonesia.

Karena antusias para peserta yang hadir, maka sambutan yang lumayan lama dari direktur bina haji dan umroh pun terasa sebentar. Ini karena para peserta memiliki girah belajar bisnis travel yang sangat tinggi.


Selain tamu-tamu yang disebutkan diatas, hadir juga rekanan dari Bank syariah Mandiri, Amitra syariah sebagai lembaga yang mengakomodir pembiayaan umroh. Saat ini menjadi familiar slogan “Umroh dulu bayar kemudian”. Mereka menyampaikan materi yang bagus dan sehingga membut niat belajar bisnis travel para peserta jadi bertambah.

Hadir juga dari tri Indonesia, perusahaan komunikasi yang sedang giat-giatnya promosi dan ekspansi ke pasar haji dan umroh. Mereka menyadari bahwa market haji dan umroh sungguh besar luar biasa. Dalam kesempatan itu juga para peserta dapat pengetahuan tentang pentingnya menghadirkan alat komunikasi sehingga menambah semangat belajar bisnis travel khususnya umroh dan haji.

Baca juga: Tata Cara Umroh

Selain itu hadir pula dari komunitas hijabesr atau hijabesr community. Hadir dan menyampaikan presentasi pada saat acara tadi. Mbak putri – Ketua Hijabers community – menyampaikan pengalamannya dalam membangun komunitas yang saat ini sudah memiliki cabang di 12 kota besar dan tersebar beberapa provinsi. Pemaparan yang disampaikan Mbak Putri turut menambah khazanah atau keilmuan tentang bagaimana belajr bisnis travel dan membangun komunias.

Pada tulisan kali ini, saya ingin sharing tentang materi yang disampaikan oleh KH, Deni Rusli, Kasi umroh & Haji Kantor Wilayah Provinsi Banten. Dalam sambutannya, beliau memberikan tips bagaimana agar bisnis travel umroh ini berhasil dan berkah. Ini sesi yang sangat bermanfaat untuk belajar bisnis travel umroh & haji.

Ada 5 point yang belia sampaikan dalam rangka belajar bisnis travel. Bagaimana agar usaha atau bisnis ini berjalan dengan lancar dan bertahan dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini.

Didepan para peserta, Haji Deni menyampaikan point-point penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha travel umroh dalam rangka belajar bisnis travel umroh supaya terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan;


1.  Semangat

Semangat harus dimiliki dan wajib hukumnya untuk dimiliki oleh setiap pebisnis travel umroh dan haji. Masalah apapun yang terjadi, semangat mesti ada dan tidak boleh hilang dalam diri seorang pebisnis travel umroh dan haji. Belajar bisnis travel terutam umroh dan haji perlu semangat yang menggebu.

2.  Bahagia

Selain semangat, selalu merasa bahagia juga harus selalu ada didalam jiwa pebisnis travel umroh dan haji. Belajar bisnis umroh dan haji harus bahagia. Karena itulah kunci untuk senantiasa menjaga point pertama, semangat.

3.  Berilmu

Seorang pebisnis travel apalagi yang sedang belajar bisnis travel harus terus memperkaya diri dengan ilmu dan pengetahuan. Ilmu yang berkaitan dengan managemen umroh dan haji atau ilmu yang berkaitan dengan ibadah umroh dan haji.


4.  Etika

Jika seorang pebisnis sudah melengkapi dirinya dengan semangat, selalu terlihat bahagia setiap hari dan ketika bertemu dengan orang lain, kemudian pebisnis tersebut memiliki keilmuan yang mumpuni baik dibidang manajemen atau ilmu agama, tetapi jika etikanya tidak ada maka pebisnis tersebut harus terus belajar bisnis travel dengan benar. Etika jauh lebih penting dari apa yang disebutkan diatas.


5.  Evaluasi diri/Muhasabah

Point kelima ini tak kalah penting dari poin sebelumnya. Setiap kejadian yang menimpa perusahaan, tentu harus selalu kembali kepada Allah Swt. Mengevaluasi dan mengambil hikmah dan pelajaran sehingga proses belajar bisnis travel terutama travelumroh dan haji makin sempurna dan jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan.