Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Hujan Berkah


Menurut wikipedia, hujan adalah presipitasi berwujud cairan, berbda dengan presipitasi non-cairan seperti salju, batu es dan slit. Dalam artikel kali ini, penulis ingin membahas tentang doa hujan berkah.

Baca juga: Biaya Umroh 2020

Kenapa harus berdo’a? bagi penganut agam Islam, kita meyakini bahhwa doa merupakan sennjata amuh. Sebaaimana dalam sebuah keterangan addu’a silahul mukmin.

Doa adalah senjata orang beiman.  Bahkan didalam ayat suci alquran temaktub sebuah ayat seruan agar umat Islam hendaknya memperbanyak berdoa kepada tuhanNya, Allah SWT.


Keyakinan terhadap doa itu sangat besar bagi orang-orang beriman. Bahkan keyakinan itu menjadi kunci dalam berdoa.

Guru kami, As Syekh Habib Saggaf bin Mahdi BSA mengatakan: 
Al Yaqinu Al Ilmu Kulluh”.
Bahwa keyakinan adalah semua ilmu. Titik-titik air hujan yang jatuh dan membasahi bumi bisa menjadi rahmat bagi manusia. Karena sejatinya hujan adalah rahmat Alah SWT.

Doa yang dipanjatkan saat hujan turun akan merubah air itu menjadi keberkahan bagi umat manusia dibumi.

Doa hujan berkah ini senantiasa kita baca ketika hujan turun. Tujuannya agar setiap tetes air yang turun mengandung keberkahan dan kebaikan.

Curah hujan yang akhir-akhir ini sering terjadi membuat kita semakin sering mengucapkan doa agar setiap tetesan air yang jatuh mengandng keberkahan.

Masyarakat Indonesia sesungguhnya adalah masyarakat yang sangat diberkahi oleh Tuhan yang Maha Esa. Betapa tidak, Allah memberikan anugerah berupa musim yang sangat seimbang.

Musim hujan dan musim panas terjadi seimbang di Indonesia sehingga membuat negeri ini banyak dirindukan oleh para turis, mereka ingin mengunjungi Indonesia karena keindahannya.

Coba kita tengok negeri Arab saudi misalnya, disana keadaannya begitu gersang. Sangat jauh berbeda dengan yang terjadi di negara tercinta Indonesia. Maka doa hujan berkah ini perlu sering dibaca.

Bagi mereka yang jarang turun hujan, ketika ada hujan turun maka akan sangat berbahagia dan bersyukur. Mereka pasti akan senang dan berdia agar huja itu membawa keberkahan untuk mereka.

Ketika musim kemarau datang, banyak orang muslim khususnya yang melakukan sholat istisqo dan berdoa minta huja turun.

Tetapi ketka hujan turun, bagi sebagian daerah ini membawa musibah. Sebenarnya bukan hujannya yang membawa musibah. Akan tetapi itu semua diakibatkan oleh tangan manusia itu sendiri.

Sebagaimana dalam firma Allah SWT, bahwa telah terjadi kerusakan didarat dan dilautan itu terjadi karena ulah tangan manusia.

Banyak yang menyebabkan hujan menjadi banjir. Salah satunya adalah karena ulah manusia buang sampah sembarangan.

Semu orang tidak menyadari bahwa sampah kecil yang mereka  buang itu yang menyebabkan terjadinya banjir.

Memang jika satu orang yang membuang sampah itu tidak akan berakibat atau berefek pada banjir. Tetapi coba bayangkan jika semua orang berpikir bahwa membuang sampah kecil itu tidak mempengaruhi.

Ini adalah soal kesadaran masing-masing. Bahwa kesadaran itu begitu penting. Bahkan guru kami As Syekh Habib Sagaf BSA, mengataan “Kesadaran Jauh Lebih Berharga dari Sekedar Keberuntungan”.


Jka semua orang sadar bahwa membuang sampah sembarangan adalah hal yang berbahaya, maka satu orang pun tidak akan berani membuang sampah sembarangan.

Kembali kepada tema awal bahwa penting untuk selalu berdoa ketika hujan turun agar setiap air yang turun kebumi mengandung keberkahan dan kebaikan bagi manusia.

Bahkan bisa menjadi obat bagi orang yang sedang sakit. Kok bisa? Bisa saja asala ada keyakinan dalam diri kita ketika mengucapkan doa tersebut.