Inilah Keistimewaan Bulan Rajab


Inilah Keistimewaan Bulan Rajab

Al Alim Al Allamah Al Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abu Bakar bin Salim
Umat Islam mempunyai beberapa bulan yang istimewa. Salah satu dari sekian bulan tersebut merupakan bulan rajab. Apa keistimewaan bulan rajab? pada tulisan kali ini, kangmuksit. com hendak menyajikan tulisan tentang keistimewaan bulan rajab. Dan pada bulan rajab terdapat doa- doa spesial yang bisa diamalkan. Salah satu doa yang diajarkan dibaca pada bulan rajab adalah" Rabbigfirlii warhamni watub alayya". dibaca sebanyak 40 kali selepas sholat Isya.( Ijazah ini berasal dari guru kami Habib Saggaf bin Mahdi BSA).

Ada empat( 4) bulan haram yang diketahui dalam tradisi Islam, ketiganya secara berentetan merupakan: Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram, serta satunya merupakan bulan Rajab. Sebagian alibi mengapa bulan- bulan tersebut dinamakan bulan haram yakni:

- Pada bulan tersebut diharamkan bermacam pembunuhan. Orang- orang Jahiliyyah juga meyakini demikian.

- Pada bulan tersebut larangan buat melaksanakan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang yang lain sebab mulianya bulan itu. Demikian pula disaat itu sangatlah baik untuk melaksanakan amalan ketaatan.( Amati Zaadul Masiir, tafsir surat Attaubah)

Keistimewaan Bulan Rajab

Berikut beberapa hadits yang menerangkan keutamaan serta kekhususan puasa bulan Rajab:

- Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah SAW merambah bulan Rajab beliau berdo’a: “Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) serta (juga) Sya’ban, serta sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan. (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

- Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab satu hari, maka laksana dia puasa sepanjang sebulan, apabila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, apabila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, serta apabila puasa 10 hari hingga digantilah dosa- dosanya dengan kebaikan.

- Riwayat al- Thabarani dari Said bin Rasyid:“ Barangsiapa berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka dia laksana berpuasa setahun, apabila puasa 7 hari hingga ditutuplah untuknya pintu- pintu neraka jahanam, apabila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, apabila puasa 10 hari, Allah hendak mengabulkan seluruh permintaannya."

- " Sesungguhnya di surga ada sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu serta rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa satu hari pada bulan Rajab, maka dia bakal dikaruniai minum dari sungai tersebut".

- Riwayat( secara mursal) Abul Fath dari al- Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda:" Rajab itu bulannya Allah, Syaban bulanku, serta Ramadan bulannya umatku."

- Sabda Rasulullah SAW lagi: “Pada malam mi’ raj, aku memandang suatu sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu serta lebih harum dari minyak wangi, kemudian aku bertanya pada Jibril a.s. “Wahai Jibril buat siapakan sungai ini?” Maka berbicara Jibrilb a. s.:“ Ya Muhammad sungai ini merupakan untuk orang yang membaca salawat buat engkau di bulan Rajab ini”.

Amalan/ Ibadah Spesial di Bulan Rajab

Sebagaimana dinukil oleh Sayyid Sabiq dalam Fiqh Sunnah( 1: 401), Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan,“ Tidak terdapat dalil yang menampilkan keutamaan puasa di bulan Rajab ataupun menarangkan puasa tertentu di bulan tersebut. Begitu pula tidak terdapat dalil yang menyarankan shalat malam secara spesial pada bulan Rajab. Maksudnya, tidak terdapat dalil shahih yang dapat jadi pendukung.”

Amalan- amalan yang dapat dicoba di bulan Haram, antara lain:

1. Shalat Fardhu.

Usahakan shalat fardhu berjamaah terus di masjid( utamanya buat pria). Apabila shalat fardhu berjamaah telah terpelihara dengan baik, upayakan dapat berada di shaf awal. Apabila telah terbiasa di shaf awal, upayakan dapat memperoleh takbiratul ihram dari imam. Sehingga amalan shalat fardhu kualitasnya terus menjadi bertambah serta bertambah lagi. Sebab ingat“ pahalanya lebih besar dibandingkan bulan yang lain”.

2. Shalat Sunnah.

Amalkan shalat tahajud dengan witirnya di malam hari secara teratur. Apabila telah terpelihara, amalkan shalat sunnah rawatib baik qabliyah maupun ba’ diyahnya. Apabila telah terpelihara, maka lengkapi dengan shalat sunah dhuha. Begitulah seterusnya.

3. Bacaan Al Quran.

Al Quran merupakan pedoman hidup umat manusia dimana yang mengambil khasiat dari Al- Qur’ an merupakan manusia yang bertaqwa. Banyak keutamaan yang dapat dari membaca Al- Qur’ an, 5( 5) di antara lain merupakan:

Balasan pahala yang banyak ialah 1 huruf al quran Allah beri balasan 10 kebajikan. menurut suatu literatur, Al- Qur’ an berjumlah 325. 015 huruf, yang berarti satu kali khatam Alquran memperoleh nilai pahala kebajikan kelipatan 10, adalah 3. 250. 150. Bila kita membaca di bulan Rajab serta bulan- bulan haram yang lain, balasan kebajikan dilipatgandakan lagi.

Allah‘ azza wajalla hendak mengangkat derajat orang- orang senantiasa membaca Alquran, menekuni isi kandungannya serta mengamalkannya dalam kehidupan tiap hari.

Orang yang senantiasa membaca Al- Qur’ an hendak memperoleh ketenangan jiwa ataupun hati yang luar biasa

Orang yang senantiasa membaca Al- Qur’ an hendak memperoleh syafaat( pertolongan) di hari kiamat

hendak terbebas dari aduan Rasulullah shallallahu‘ alaihi wasallam pada hari Kiamat nanti, di mana terdapat sebagian manusia yang diadukan Rasulullah Shallallahu‘ alaihi wasallam pada hari Kiamat dihadapan Allah‘ azza wajalla.

5. Puasa

Puasa sunnah bulanan dapat pula dicoba di bulan Rajab ini, semacam Puasa Senin– Kamis, Puasa Ayyamul Bidh.

6. Umroh


Umroh di bulan Rajab pula tidak terdapat disebutkan Rasulullah keutamaannaya. Tetapi bila kita mau memperoleh pahala/ balasan amal kebaikan yang lebih banyak lagi, tidak terdapat salahnya kita melakukan ibadah umroh di bulan Rajab ini. Dengan harapan terus menjadi banyak amal baik yang kita kerjakan terus menjadi banyak pahala yang kita peroleh sehingga bisa kurangi timbangan amal kurang baik kita yang terhitung banyaknya. (mkst).




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan link

Iklan Tengah Artikel 1 baru

Iklan Tengah Artikel 2 baru

Iklan Bawah Artikel