Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Umroh Plus Turki


Pengalaman Umroh Plus Turki

Masjid Biru (Blue Mosque) atau Masjid Sultan Ahmet
Pada tulisan kali ini, saya ingin sharing seputar pengalaman umroh plus turki. Kemana saja destinasi selama di Turki dan fasilitas apa saja yang didapatkan dari pihak travel. Kebetulan saya baru dua kali mengunjungi negara Turki dan masya Allah sangat luar biasa keindahannya.


Umroh plus Turki yang diselenggarakan oleh setiap travel memiliki rute berbeda-beda. Ada yang umroh terlebih dahulu dan ada juga yang ke Turki dahulu untuk jalan-jalan.  Lalu rute manakan yang paling enak menurut jamaah?. Tentu jawabannya akan sangat variatif.

Saat berada di Musholla Hotel Dar Al tawheed Mekkah
Setiap paket umroh plus Turki tentu memiliki kelebihan masing-masing. Berikut ini kelebihan atau keuntungan jika mengambil rute ke Turki dahulu:

Tidak repot di bagasi

Seperti yang kita ketahui jika umroh plus Turki pasti banyak barang atau oleh-oleh yang dibeli di Turki. Terlebih bagi yang baru pertama kali berkunjung kesana. Turki terkenal dengan pasar yang sangat legendaris yaitu pasar tertua di dunia, grand bazar. Sudah barang pasti jamaah banyak membeli oleh-oleh jika mengunjungi grand bazar.

Ibadah akan semakin khusuk

Jika program umroh plus Turki mengambil rute ke Turki dahulu atau jalan-jalan dahulu, berarti umrohnya belakangan. Artinya jika jalan-jalan telah selesai, maka jamaah tinggal fokus saja ke ibadah. Lain halnya jika umroh dulu baru kemudian jalan-jalan, jadi nilai ibadahnya akan hilang.

Di depan istana Topkapi/Topakpi Palace dan di gunung Uludag, Bursa

Pada intinya, semua tergantung dan kembali kepada jamaah. Karena tiap jamaah pasti memiliki pandangan berbeda-beda. Ini hanya opini saya sebagai seorang tour leader pada saat mendampingi jamaah umroh plus Turki beberapa tahun silam.

Selat Bosphorus Istanbul
Yang saya tahu untuk paket umroh plus Turki berdurasi dua belas (12) hari. Tiga hari di Kota madinah Al Munawwarah, empat hari di kota Makkah al mukarramah, dan tiga hari dua malam di Turki. Biasanya untuk destinasi Turki sendiri, kita hanya ke Istanbul dan Bursa.


Di Istanbul, jamaah akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Selama umroh plus Turki ini disarankan untuk membawa perlengkapan secukupnya. Diantara destinasi umroh plus Turki di Istanbul adalah Masjid Biru atau masjid sultan ahmed, istana topkapi, selat bosphorus, Hagia Sophia, Hippodrome, Grand bazar, dan masih banyak lainnya.

Untuk informasi bawah selama di Turki, jamaah akan ditemani oleh seorang tour guide lokal. Mereka akan menjelaskan semua destinasi di turki dengan bahasa Indonesia. Setiap program umroh plus Turki pasti memakai guide lokal.

Guide lokal pada saat umroh plus Turki sudah menjadi regulasi pemerintah setempat. Pemerintah Turki melarang warga non Turki untuk menjadi guide di Turki. Oleh karena itu, jika ditemukan ada orang lain selain warga negara turki menjadi guide ketika umroh plus Turki, maka akan mendapat teguran dari pemerintah.

Selain Istanbul, tujuan atau destinasi pada saat umroh plus Turki adalah kota Bursa. Ia terkenal dengan sebuah tempat bernama gunung Uludag. Dimana di gunung Uludag ini terdapat gunung salju yang sangat indah dan tidak boleh terlewatkan saat perjalanan umroh plus Turki.

Untuk sampai ke puncak gunung Uludag, kita harus naik cable car kurang lebih selama setengah jam. Dari dalam cable car yang muat sekitar 7 orang, kita bisa melihat keindahan Kota bursa yang terhampar indah. Itulah salah satu keindahan saat umroh plus Turki.

Saran saya jika sahabat sekalian ingin mengunjungi Turki atau Umroh plus Turki, agar membawa jaket tebal dan sepatu tebal apalagi jika berangkat umroh pada saat musim dingin. Wajib hukumnya membawa jaket dan sepatu tebal.

Klis disini untuk konsultasi umroh