Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Sertifikasi Tour Leader Umroh?


Bagaimana Cara Sertifikasi Tour Leader Umroh?

 konsultasi umroh

Bagi seorang tour leader terutama tour leader umroh, wajib hukumnya mengikuti rangkaian sertifikasi tour leader umroh yang diselenggarakan oleh pihak perusahaan atau lembaga sertifikasi profesi.

Berdasar pengalaman saya yang pernah mengikuti sertifikasi tour guide umroh, bahwa sesungguhnya perbedaannya sedikit. Namun pada dasar atau substansinya sama saja antara sertifikasi tour leader umroh dengan sertifikasi tour guide umroh.

Apa pentingnya sertifikasi tour leader umroh?

Jika anda adalah seorang pengusaha dibidang tour and travel khususnya yang bergerak di dunia umroh dan haji, memiliki tour leader umroh yang bersertifikat merupakan sebuah keniscayaan.


Sertifikasi tour leader umroh menjadi hal penting karena dapat menentukan nilai sebuah perusahaan dimata lembaga sertifikasi usaha.
 Tour Leader Umroh

Setelah terbit peraturan menteri agama (PMA) yang baru, dimana salah satu poin penting yang terkait dengan tour leader adalah bahwa perusahaan travel haji dan umroh yang sudah memiliki izin Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU) harus memastikan izin Biro Perjalanan Wisatanya (BPW) tersertifikasi oleh lembaga sertifikasi usha (LSU) yang sudah terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Perusahaan (BNSP).


Peraturan ini muncul, setelah beredar bahkan viral ditengah masyarakat beberapa perusahaan travel haji umroh yang tidak memberangkatkan jamaah. Sehingga pemerintah menerbitkan berbagai aturan baru seputar dunia umroh dan salah satunya terkait sertifikasi usaha dan profesi. Oleh karena itu sertifikasi tour leader umroh kemudian menjadi syarat.

Karena Biro Perjalanan Wisata (BPW) harus tersertifikasi, maka secara otomatis sebagai akibat dari itu, maka sertifikasi tour leader menjadi keharusan kenapa? Karena salah satu syarat dari Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang kemudian ingin mengajukan izin umroh, travel tersebut harus memiliki tour leader umroh atau pembimbing ibadah yang teruji atau tersertifikasi.

Tujuan pemertintah dalam hal ini dirjen haji dan umroh saya kira baik. Untuk mejaga masyarakat dari memilih travel yang abal-abal. Sehingga faktor tour leader umroh itu sangat menentukan keberlangsungan sebuah travel haji dan umroh.

Kapan Sertifikasi Umroh Dilakukan?

Sertifikasi dilakukan jika sebuah travel Biro Perjalanan Wisata (BPW) ingin melebarkan sayap usahanya dibidang umroh. Dan karena syarat mengajukan izin umroh harus ada point sertifikasi tour leader umroh, maka karena itulah sertifikasi dilakukan.

Siapa yang Boleh atau Harus Mengikuti Sertifikasi Tour Leader Umroh?

Siapa saja yang berprofesi sebagai seorang tour leader umroh pada sebuah travel mereka bisa mengikuti sertifikasi. Tentu didalam proses sertifikasi  nanti akan diuji secara langsung dan mendalam oleh tenaga ahli dibidang masing-masing yang telah ditugaskan oleh lembaga sertifikasi usaha.


Apakah pemilik travel boleh mengikuti sertitikasi tour leader umroh? T
Tentu boleh dan sah-sah saja. Apalagi jika seorang pemilik travel ini rutin bahkan aktif mendampingi jamaah umroh ke tanah suci.

Berapa Lama Proses Sertifikasi Tour Leader Umroh?



Pengalama saya ketika mengikuti sertitkasi tour leader umroh adalah dua hari. Waktu itu berlokasi di hotel swissbell Airport Jakarta tepatnya di Jl. Husen sastranegara Tangerang banten.

Komponen Apa Saja yang Menjadi Penilaian ?

Paling pokok dan penting menurut saya dalam penilaian sertifikasi tour leader umroh ini adalah tentang skill berkomunikasi dan penguasaan seputar tempat yang jadi tujuan wisata.
Atau kalau lebih spesifik di dunia umroh berarti harus sangat menguasai tentang medan Madinah, Makkah, Jeddah dan sekitarnya.

Kemudian dalam proses penilaian sertifikasi tour leader umroh ada tes tertulis, ada tes lisan dan ada tes langsung dilapangan. Para peserta akan dibagi kedalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah antara 10 orang dan satu asesor atau penilai.

Ketika sesi penilaian didalam ruangan selesai, maka terakhir para peserta sertifikasi tour leader umroh akan diajak keliling menggunaka bis ke tengah kota.

Didalam bis, para peserta sertifikasi tour leader umroh akan bergantian satu-persatu untuk presentasi atau berbicara didepan yang lain. Peserta yang lain menyimak sekaligus memperhatikan dan kemudian akan memberikan penilaian.

Waktu yang dihabiskan untuk prakter menjadi seorang tour leader di dalam bis kira-kira setengah hari.

Setelah selesai, semua peserta sertifiksi tour leader umroh akan kembali ke ruangan dan akan berhadapan kembali dengan para asesor atau penilai.

Peserta akan dikoreksi satu persatu sekaligus diberikan nilai yang tercantum didalam sertifikat yan diberikan.

Siapa yang Menyelengggarakan Sertifikasi Tour Leader Umroh?

Dalam hal ini, yang menyelenggarakan sertifikasi adalah lembaga sertifikasi usaha (LSU) atau lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang telah terakreditasi dari badan nasional sertifikasi profesi). Oleh karena tour leader umroh adalah profesi maka yang mensertifikasi adalah lembaga sertifikasi profesi.(muksit)

 Konsultasi Umrah Klik disini