Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Tugas Tour Leader Umroh, Apa Saja?


Mengetahui Tugas Tour Leader Umroh, Apa Saja?


Tour Leader artinya pemimpin perjalanan. Ia bertanggunga jawab atas semua jamaah umroh atau tamu yang dibawa saat wisata dari mulai keberangkatan hingga kepulangan ke tanah air.


Tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin rombongan atau perjalanan memang sangat berat. Bagaimana tidak, ia harus selalu memantau keadaan dari tiap-tiap jamaah umroh baik di perjalanan, di makkah dan Madinah atau pada saat kepulangan.

Meskipun tugas dan tanggung jawab seorang tour leader umroh itu berat, tetapi justeru banyak orang terutama yang beragama Islam, berlomba-lomba ingin menjadi seorang tour leader umroh.



Bukan tanpa alasan, dengan menjadi seorang tour leader umroh. Tentu bukan hanya bisa melaksanakan ibadah umroh secara gratis tiap saat, lebih dari itu seorang tour leader umroh banyak mendapatkan manfaat.

Berikut ini beberapa tugs dan tanggung jawab seorang tour leader umroh selama bertugas mendampingi jamaah umroh;

Memastikan jumlah jamaah dan barang bawaanya lengkap

Tugas seorang tour leader umroh pertama kali setelah sampai di hotel/lounge atau bandara adalah mengecek seluruh koper atau bagasi para jamaah dan memastikan semuanya lengkap.


Bila perlu, seorang tour leader umroh harus membuat daftar check list agar memudahkan proses pengecekan baik barang maupun orang atau jamaah.

Memastikan Dokumen Berupa Paspor, Buku Kuning Lengkap

Tanggung jawab kedua bagi seorang leader atau pemimpin perjalanan adalah memastikan bahwa dokumen penting berupa paspor dan buku meningitis atau buku kuning tidak kurang alias lengkap dan asli.


Peraturan terbaru dari kementerian kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mewajibkan bagi seluruh calon jamaah umroh agar melakukan suntik meningitis terlebih dahulu di lokasi yang telah ditentukan. Maka tugas  tour leader umroh memastikan semuanya lengkap.



Konsekwensi bagi calon jamaah umroh yang tidak memiliki buku kuning atau buku kuning yang dimilikinya palsu adalah tidak akan diberangkatkan ke tanah suci meskipun komponen lain seperti paspor, visa, tiket dan sebagainya sudah lengkap.

Mengingat sangat urgen, maka disarankan bagi seorang tour leader agar agar memeriksa seluruh dokumen keberangkatan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan umroh.

Seorang tour leader umroh harus betul-betul membaur dan ikut andil dalam proses keberangkatan dan persiapan kelengpakan dokumen penting agar ketika hari keberangkatan menjadi lancar tidak ada halangan apapun.


Memeriksa Kesehatan Jamaah

Hal yang tak kalah penting dari tugas seorang tour leader umroh adalah memeriksa kesehatan semua jamaah. Juga memeriksa apakah ada yang membutuhkan kursi roda. Ini biasanya bagi jamaah lansia atau lanjut usia. Jika ada yang membutuhkan kursi roda, maka tour leader bertugas menginformasikan kepada pihak airlines untuk mempersiapkannya untuk jamaah tersebut.

Baca juga: Tour Kota Thaif

Mengingatkan Kebutuhan Jamaah Berupa Alat Telekomuniasi, Barang-Barang Berbahaya, Penukaran Uang Riyal Dll

Menjadi seorang tour leader memang harus bawel. Ini bertujuan untuk kebaikan calon jamaah umroh. Alat komunikasi sangat penting karena untuk memberitahu keluarga di tanah air saat jamaah berada di tanah suci.

Memfasilitasi Atau Membantu Kebutuhan Jamaah

Tugas tour leader umroh juga membantu setiap kebutuhan jamaah. Bukan berarti tour leader menanggung kebutuhannya, tetapi membantu mendapatkan apa yang dibutuhkan oleh jamaah. Misalnya saat diatas pesawat, ada jamaah yang ingin ke toilet sementara ia tidak tahu cara menggunakannya, maka disana seorang tour leader umroh harus hadir membantu.

Membantu Tim Handling Bandara Saudi

Sesampainya di bandara Jeddah, sebelum keluar imigrasi biasanya akan mengambil bagasi. Saat pengambilan bagasi, tim handling dibandara Jeddah belum bisa masuk membantu karena regulasi pemerintah saudi demikian. Pada saat demikian, sebagai tour leader harus mampu menginformasikan ke jamaah bahwa koper dengan jamaah harus bersama-sama keluar atau profiling.


Setelah keluar pemeriksaan, maka tim handling akan langsung menyambut jamaah beserta koper bagasinya. Dan disana menjadi tugas tim handling untuk menaikkan barang-barang ke dalam bis.

Berkolaborasi Atau Membantu Muthawif/Tour Guide Umroh

Sesampainya di bandara Jeddah, dan setelah semua jamaah beserta bagasi masuk kedalam bis dan bertolak ke Madinah, maka tugas diambil alih oleh tour guide atau muthawif. Namun demikian, bukan berarti tugas tour leader umroh selesai, justeru semenjak itu, tour leader dengan tour guide harus berkolaborasi atau bekerja sama menciptakan suasana umroh yang bahagia.

Mendampingi Tour Guide/Muthawif

Tugas tour leader umroh selanjutnya adalah mendampingi keseharian dari tour guide atau muthawif dalam menjamu para jamaah. Setiap kegiatan, tour guide dan tour leader harus kompak dan ceria agar jamaah senang.

Pada suatu kesempatan, adakalanya tour guide/muthawif kelelahan. Maka tugas tour leader adalah menggantikan posisinya. Misalkan pada saat umroh kedua di Makkah, berhubung tour guide/muthawif kelelahan, maka tugas mendampingi atau mengisi tausyiah harus dialihkan kepada tour leader umroh.


Maka menjadi penting dan harus mendapat perhatian bagi seorang tour leader bahwa ia juga harus mengerti tentang sejarah kota-kota yang ada di Makkah dan Madinah.

Membantu Team Selama di Saudi Arabia

Pada dasarnya, setiap tempat dari mulai bandara Jeddah, Madinah, Makkah sudah ada team yang siap mengurusi segala kebutuhan para jamaah umroh dan bukan tugas tour leader umroh.

Namun demikian, tidak ada salahnya jika seorang tour leader ikut membantu bertanggung jawab terhadap para jamaah. Misalkan ketika ada program ziarah keliling kota Madinah, seorang tour leader umroh bisa membantu membagikan snack atau makanan ringan untuk para jamaah.

Pun begitu ketika di Makkah, seorang tour leader bisa membantu meringankan tugas dan tanggung jawab team handling di Makkah. Dengan begitu maka kebutuhan para jamaah terpenuhi dan kerjasama antara team dan tour leader umroh semakin baik.

Memastikan Koper Bagasi Tidak Melampaui Berat yang Ditentukan

Setiap jamaah umroh tentu tidak diragukan lagi pasti membeli oleh-oleh baik di Madinah maupun di Makkah. Oleh-oleh itu kemudian dibagikan kepada sanak family atau para tetangga di kampung.

Bagi yang sudah pernah umroh, barangkali mengetahui berapa kilogram bataas bawaan yang harus dibawa. Namun bagi yang belum tau, ini menjadi tugas tersendiri untuk tour leader umroh agar mengingatkan kepada para jamaah.

Umumnya, setiap maskapai memiliki batasan berat bagasi tersendiri. Namun karena saya sering menggunakan pesawat Saudi Airlines, maka yang saya tau sebagai tour leader umroh berat bagai yang di perbolehkan adala 30 kg. Dan untuk kabin 10 kg.

Sebagai seorang tour leader umroh, jika memungkinkan membawa alat pengukur berat dan memeriksa serta mengukur berat koper atau agasi tiap jamaah. Tujuannya agar ketika sampai di bandara dan masuk proses bagasi, tidak dipusingkan lagi dengan berat bagasi.

Selain itu, banyak manfaatnya kalau sejak dari hotel Makkah, sudah diketahui berat bagasi masing-masing. Karena sering terjadi, kelebihan barang di koper menjadi mubadzir alias terbuang. Kecuali jamaah siap membayar kelebihan bagasi. Itu beda urusan. Maka tugas tour leader umroh sekali lagi adalah memastikan perihal barang bawaan jamaah ketika hendak pulang.

Demikian barangkali uraian tentang tugas seorang tour leader umroh. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Karena kebetulan saya seorang tour leader umroh dan juga pernah menjadi tour guide/muthawif umroh.
Tentu tulisan ini banyak sekali kekurangannya. Harap maklum. Karena masih belajar dan akan terus belajar menambah ilmu serta wawasan seputar ilmu tour leader terutama tour leader umroh dan juga tour guide umroh.
Ada perbedaan antara tour leader umroh dan tour guide umroh. Jika tour leader itu adalah pemimpin perjalanan. Sementara tour guide dalam dunia umroh adalah seorang pemimpin ibadah yang sudah siap di tanah suci.
Tour guide dalam dunia umroh lebih familiar dengan sebutan muthawi. Mereka rata-rata adalah para pelajar Indonesia yang nyambi jadi muthawif. Menjadi muthawif tentu tidak mudah karena selain harus menguasai ilmu tentang umroh, juga harus bisa berkomunikasi dengan jamaah umroh secara baik.

Yang tak kalah penting dari tugas seorang tour leader umroh adalah memiliki akhlak dan sopan santun. Karena banyak terjadi, jamaah merasa sakit hati dengan tour leader. Entah karena merasa tersinggung karena digurui atau sebab lainnya. Oleh karena itu memiliki akhlak sebuah keharusan.

Karena percuma jika seorang tour leader umroh memiliki segudang ilmu agama berkaitan dengan urusan haji dan umroh akan tetapi tidak memiliki adab dan akhlak dalam menemani para jamaah atau tamu Allah dan Rasulullah.

Terakhir, saya sebagai seorang tour leader berpesan kepada temen-temen yang mungkin akan bergelut di dunia tour leader umroh. Luruskan niat. Ini penting. Karena jika niat awalnya keliru maka selamanya akan keliru.

Niat itu fondasi awal. Maka harus ditata sebaik mungkin. Tanamkan niat ikhlas suci bersih karena Allah dan membantu para tamu Allah dan Rasulullah. Soal urusan dunianya nanti akan mengikuti seiring dengan berjalannya waktu.

Pelayan Tamu Allah & Rasulullah
Tour Leader, Tour Guide di PT. Global Amanah Barokah