Alhamdulillah Area Tawaf Masjidil Haram Dibuka Kembali


Alhamdulillah Area Tawaf Masjidil Haram Dibuka Kembali


Setelah ditutup sementara pada Jumat, 05 Maret 2020, kini area tawaf Masjidil Haram dibuka kembali melalui dekrit Raja Salman.


Pembukaan tersebut dibenarkan oleh duta besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegabriel. “Betul bahwa area tawaf telah dibuka kembali namun diperuntukan bagi yang hendak melakukan tawaf sunnah”.

Sementara itu, pantauan dari makkahlive.net, masjidil haram terlihat sepi dari jamaah. Hanya beberapa orang yang melakukan tawaf sunnah di area kabah masjidil haram.

Pembukaan kembali area tawaf tidak diperuntukan bagi proses ibadah umroh. Untuk ibadah umroh sendiri masih ditutup dan tidak terlihat jamaah yang melakukan ihram umroh di masjidil haram makkah.


Untuk ibadah umroh hingga saat ini masih belum dibuka. Bahkan untuk warga negara Arab Saudi sendiri tidak diperkenankan untuk umroh.

Otoritas Arab Saudi tentu mempunyai alasan cukup kuat dan rasional atas penutupan umroh sementara ini. Agar kaum muslimin diseluruh dunia selamat dari penyebaran virus corona yang semakin hari makin mengkhawatirkan seluruh dunia.

Penutupan umroh sementara waktu ini adalah ikhtiar otoritas negara Arab saudi dalam melindungi warganya dan umat Islam dunia.

Meski ada sebagian elemen masyarakat awam yang tidak percaya dn bahkan cenderung mengatakan hoax. Ini mungkin karena kurang informasi saja.

Selain tawaf bisa dilakukan di lantai dasar masjidil Haram, jamaah juga bisa melakukan tawaf di lantai dua dan tiga masjidil Haram.


Penutupan area tawaf yang dilakukan kemarin pada tanggal 6 Maret 2020 adaha dengan tujuan sterilisasi. Pihak masjidil haram hendak memastikan bahwa area dekat kabah steril dari virus dan lain-lain. Sehingga pada saatnya nanti dibuka kembali, maka sudah bersih.

Belum ada kabar pasti sampai kapan umroh akan dibuka kembali. Disatu sisi ada portal berita mainstream yang mengabarkan bahwa penutupan umroh hingga satu tahun kedepan.

Para provider melalui muassasah di Arab Saudi tidak membenarkan berita tersebut. Seperti berita awal, bahwa belum ada kepastian kapan akan ditutup.

Dengan dibukanya kembali area tawaf membuat jamaah bisa melaksanakan tawaf sunnah di area kabah masjidil Haram Makkah.

 Konsultasi Umroh




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan link

Iklan Tengah Artikel 1 baru

Iklan Tengah Artikel 2 baru

Iklan Bawah Artikel