Arab Saudi Larang Umroh Sementara Warganya


Arab Saudi Larang Umroh Sementara Warganya


Maklumat tentang pelarangan umroh bagi warga Saudi Arabia tertulis dalam akun media sosial kementerian luar negeri Saudi Arabia pada hari Rabu tanggal 04 Maret 2020.

“Arab Saudi Menghentikan Sementara Ibadah Umroh Bagi Warganya dan Para Pemegang Iqomah” Cuit Kementerian luar negeri Arab Saudi melalui media twitter @KSAmofaEN, Rabu (04/02/2020).


Larangan umroh tersebut juga berlaku bagi para pemegang iqomah (izin tinggal) warga negara lain di Saudi Arabia.

Tidak hanya larangan umroh saja, mengunjungi tempat-tempat bersejarah disekitar Masjidil haram dan Masjid Nabawi juga dilarang sementara dan belum diketahui sampai kapan pelarangan ini diberlakukan.

Adanya maklumat ini menuai beragam respon. Respon yang umum datang dari calon-calon jamaah yang telah memiliki jadwal berangkat ibadah umroh ke tanah suci pada waktu dekat.

Hampir semua elemen menyikapi kabar ini dengan tenang. Karena memang ini adalah bukan kehendak manusia, bukan kemauan pihak kerajaan Saudi Arabia, bukan juga keinginan pihak manapun. Ini murni karena mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Pada awalnya, pelarangan ibadah umroh memang hanya berlaku bagi beberapa negara yang menurut Saudi Arabia negara tersebut terpapar virus corona.

Namun belakangan hampir semua negara tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Arab Saudi baik untuk melakukan ibadah umroh atau wisata ziarah.

Otoritas Arab Saudi sebelumnya mengumumkan satu orang warganya positif terinfeksi virusCorona. Informasi tersebut dibenarkan oleh pihak kementerian kesehatan Arab Saudi. Lebih lanjut, kementerian kesehatan mengatakan bahwa pria yang positif terinfeksi virus corona setelah pulang dari negara Bahrain.

Kabar tentang larangan umroh bagi warga saudi sendiri sontak membuat heboh. Diketahui dari beberapa youtube Indonesia yang ada di Arab Saudi menginformasikan kondisi terkini setelah adanya pelarangan.

Seorang youtuber bernama Kacong Putra membuat sebuah video tentang kondisi Makkah dan Madinah khususnya setelah adanya pelarangan umroh bagi warga Arab Saudi.

Dengan adanya larangan ini tentu saja para youtuber juga tidak bisa ngevlog di sekitar Masjidil haram dan Masjid Nabawi.

Larangan ini bersifat sementara, akan tetapi belum ada siaran resmi dari otoritas Arab Saudi terkait batas akhir dari pelarangan ini. Barangkali sampai virus corona benar-benar dapat ditaklukan sehingga tidak lagi menyebar ke berbagai negara.

Tidak ada yang salah dengan otoritas Arab Saudi. Semua langkah yang diambil adalah demi keselamatan semuanya. Otoritas Saudi tidak ingin tempat suci tercemar dengan virus corona.

Tentu ada banyak hikmah yang dapat kita petik dari kejadian ini. Ada yang sudah di bandara dan tinggal masuk pesawat untuk terbang tetapi kemudian harus gagal berangkat setelah ada informasi dari pihak otoritas bandara.

Ada juga yang sudah siap-siap berangat umroh dari rumahnya. Ada yang sudah selamatan. Minta doa kepada tetangga agar diberikan keselamatan dan kelancaran ibadah umrohnya. Tetapi kemudian tidak jadi berangkat. Sedih memang sedih.

Sebagai orang yang beriman, kita tentu akan sangat lapang dada menerima takdir terbaik dari Allah Swt. Ada banyak hikmah yang kita dapatkan. Salah satunya kesabaran. Mungkin Allah Swt ingin kita lebih bersabar.

Atau juga Allah Swt ingin kita memperbaiki diri sebelum betul-betul menhadapnya di Baitullah. Bagi yang beriman, semua masalah justeru terasa nikmat. Karena orang beriman percaya bahwa segala sesuatu yang menimpa dirinya adalah yang terbaik dari Allah Swt.

Semoga ujian global ini tidak lama. Virus corona yang menyebar segera ditemukan obatnya dan tidak menyebar ke banyak negara. Aamiin. Kepada Allah Kita Bertawakkal.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan link

Iklan Tengah Artikel 1 baru

Iklan Tengah Artikel 2 baru

Iklan Bawah Artikel