Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Beberapa Keutamaan Sholat Tahajud


Inilah Beberapa Keutamaan Sholat Tahajud


Mentor saya menceritakan, pada saat dalam keadaan bangkrut habis sehabis- habisnya, nyaris tiap malam duduk di masjid/ mushola untuk melaksakanan sholat tahajud. Harapannya yaitu supaya terbebas dari beleggu hutang serta kebangkrutan. Akhirnya keajaiban tiba. Keutamaan sholat tahajud ia rasakan. Pelan- pelan kembali normal serta seluruh hutang dapat terbayar lunas. Serta mulai membangun usaha yang baru kembali bersama sahabatnya.


Pada tulisan kali ini, kita hendak bahas tentang keutamaan sholat tahajud. Fadilah ataupun keutamaan ini bisa dialami oleh siapapun yang secara istiqomah melakukannya.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah istimewa serta luar biasa yang perintah serta keutamaannya termaktub secara langsung didalam ayat suci Al Qur’ an. Tidak terdapat sholat sunnah lain yang secara langsung termaktub dalam Al Quran sebagaimana sholat ini. Begitu istimewa serta banyak keutamaan sholat tahajud.

Sebagian keutamaan sholat tahajud ini barangkali dapat jadi bahan renungan untuk kita semua. Serta dengena mengenali keutamaan sholat tahajud, kita dapat lebih aktif melaksanakannya. Berikut keutamaan sholat tahajud:

Diberikan Jalan Keluar Terbaik


Bila mengalami permasalahan, orang yang biasakan sholat ini hendak diberikan penyelesaian terbaik. Problem serumit apa juga yang dihadapinya, Allah yang hendak memberinya jalur keluar.

وَقُل رَّبِّ أَدۡخِلۡنِي مُدۡخَلَ صِدۡقٖ وَأَخۡرِجۡنِي مُخۡرَجَ صِدۡقٖ وَٱجۡعَللِّي مِن لَّدُنكَ سُلۡطَٰنٗا نَّصِيرٗا

Serta katakanlah: Ya Tuhan- ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar serta keluarkanlah( pula) saya secara keluar yang benar serta berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.

Ditolong Allah


Orang yang membiasakan sholat tahajud hendak ditolong Allah, terlebih lagi tanpa perantara. Kala terdapat bahaya, pada saat terdapat yang mau mencelakai serta sebagainya, Allah Subhanahu wa Ta’ ala yang hendak menolongnya. Sebagaimana lanjutan ayat di atas.

وَقُل رَّبِّ أَدۡخِلۡنِي مُدۡخَلَ صِدۡقٖ وَأَخۡرِجۡنِي مُخۡرَجَ صِدۡقٖ وَٱجۡعَللِّي مِن لَّدُنكَ سُلۡطَٰنٗا نَّ

Dan katakanlah: Ya Tuhanku, masukkanlah saya secara masuk yang benar serta keluarkanlah( pula) saya secara keluar yang benar serta berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.

Sholat Sunnah Sangat Utama


Sholat tahajud yang jua diujarkan qiyamul lail ataupun sholat lail ialah sholat sunnah yang sangat utama. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu‘ alaihi wasallam:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَا لْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

Sholat yang sangat utama sehabis sholat fardhu merupakan sholat malam ( HR. An Nasai).

Kemuliaan serta Kewibawaan


Orang- orang yang ahli tahajud, dia hendak diberi Allah kemuliaan serta kewibawaan. Bila dia merupakan orangtua, ia hendak berwibawa di depan anak- anaknya. Bila dia guru, hendak berwibawa di depan murid- muridnya. Bila dia pemimpin, hendak berwibawa di depan orang yang dipimpinnya.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِا للَّيْلِ

Serta ketahuilah, kalau kemuliaan serta kewibawaan seseorang mukmin itu terdapat pada shalat malamnya ( HR. Hakim hasan).

Doanya Dikabulkan


Orang yang mengerjakan sholat tahajud setelah itu berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Terlebih bila dia mengerjakannya di sepertiga malam terakhir yang ialah waktu mustajabah.

Kerutinan Orang Shalih


Sholat ini ialah kerutinan orang- orang shalih terdahulu. Sehingga siapa yang dikala ini tetap mengerjakannya, maka dia juga tercatat bagaikan orang- orang yang shalih sebagaimana mereka.

Penghapus serta Pencegah Dosa


Sholat sunnah ini pula jadi penghapus dosa sebagaimana hadits di atas. Terlebih lagi, tahajud jua dapat menghindari seorang dari perbuatan dosa.

Orang yang biasakan tahajud hendak memperoleh taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat serta dosa.

Kunci Masuk Surga


Orang yang ahli tahajud, insya Allah dia hendak masuk surga. Karena sholat ini ialah salah satu kunci masuk surga. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu‘ alaihi wasallam:

يَاأَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُواالسَّلاَمَ وَأَطْعِمُواالطَّعَامَ وَصِلُواالأَرْحَامَ وَصَلُّوابِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُواالْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan( orang- orang yang memerlukan), sambungkanlah silaturrahim, serta shalatlah pada malam hari kala orang lain lagi tidur; pasti kamu hendak masuk surga dengan selamat.( HR. Ibnu Majah).

Mendapat Kedudukan Terpuji


وَمِنَ ٱلَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهِۦ نَافِلَةٗ لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامٗا مَّحۡمُودٗا

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kalian bagaikan suatu ibadah ekstra bagimu; mudah- mudahan Tuhan- mu mengangkat kalian ke tempat yang terpuji.

Dimudahkan Urusannya


Orang yang biasakan sholat ini hendak dimudahkan urusannya oleh Allah. Pula dibimbing- Nya. Mulai dari urusan rumah tangga, urusan pekerjaan, sampai urusan dakwah serta urusan- urusan yang lain.

Dan katakanlah:“ Ya Tuhan- ku, masukkanlah saya secara masuk yang benar ( QS. Al Isra; 80).

Menenangkan Hati


Al-'Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, "Cobalah renungkan gimana Allah membalas shalat malam yang mereka jalani secara sembunyi dengan balasan yang Dia sembunyikan untuk mereka, ialah yang tidak dikenal oleh seluruh jiwa. Pula gimana Allah membalas rasa risau, khawatir serta gundah gulana mereka di atas tempat tidur dikala bangun buat melaksanakan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.(Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (halaman. 278).

Dipelihara oleh Allah dari Seluruh Berbagai Bencana


Rasulullah SAW, yang bersabda: Barangsiapa melakukan sholat tahajud dengan sebaik- baiknya, serta dengan tata tertib yang apik, hingga Allah SWT hendak membagikan 9 ragam kemuliaan: 5 rupa di dunia serta 4 rupa di akhirat.

Waktu Sholat Tahajud


Tahajud merupakan shalat sunnah yang dikerjakan sehabis tidur. Waktunya terbentang mulai sehabis isya’ sampai saat sebelum Subuh, dengan didahului tidur. Serta waktu sangat utamanya merupakan di sepertiga malam yang terakhir.

Tata Metode Sholat Tahajud


Tata metode sholat tahajud pada dasarnya sama dengan sholat sunnah pada biasanya. Saat sebelum sholat disyaratkan suci dari hadats kecil serta hadats besar; suci tubuh, baju serta tempat dari najis; menutup aurat; serta menghadap kiblat.

Sholat tahajud dikerjakan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam. Para ulama berbeda pendapat mengenai batas jumlah rakaatnya. Rasulullah terkadang melakukan 11 rakaat terhitung witir serta terkadang 13 rakaat terhitung witir.

Secara ringkas, tata caranya sama dengan sholat sunnah 2 rakaat pada biasanya, ialah:

Niat
- Takbiratul ihram, diiringi dengan doa iftitah
- Membaca pesan Alfatihah
- Membaca surat ataupun ayat Al Quran. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang.
- Ruku’ dengan tuma'ninah
- I'tidal dengan tuma'ninah
- Sujud dengan tuma'ninah
- Duduk di antara 2 sujud dengan tuma'ninah
- Sujud kedua dengan tuma'ninah
- Berdiri lagi buat menunaikan rakaat kedua
- Membaca surat Alfatihah
- Membaca surat ataupun ayat Alquran. Rasulullah biasa membaca surat yang panjang.
- Rukuk dengan tuma'ninah
- I'tidal dengan tuma'ninah
- Sujud dengan tuma'ninah
- Duduk di antara 2 sujud dengan tuma'ninah
- Sujud kedua dengan tuma'ninah
- Tahiyat akhir dengan tuma'ninah
- Salam.

Demikian diulangi sampai 4 kali salam( 8 rakaat). Setelah itu berdoa. Serta sehabis itu ditutup dengan sholat witir.

Niat Sholat Tahajud


Lafadh niat sholat tahajud merupakan sebagai berikut;

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِِ للَهِ تَعَاليَ
 Artinya
Saya niat shalat sunnah tahajjud 2 raka'at karna Allah ta'ala.

Teks niat ini dibaca kala hendak melaksanakan takbiratul ihram. Hukum membacanya merupakan sunnah, bukan harus. Hingga bila saat sebelum takbir kita tidak membaca teks niat tersebut, hukumnya tetap sah.

Doa Sholat Tahajud


Doa sehabis sholat tahajud insya Allah dikabulkan oleh- Nya. Terlebih bila dikerjakan di sepertiga malam yang terakhir, waktu sangat istijabah buat berdoa.

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ،وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ،وَالنَّارُحَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَآمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَاأَخَّرْتُ، وَمَاأَسْرَرْتُ وَمَاأَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, hanya milik- Mu seluruh puji, Engkau sinar langit serta bumi dan siapa saja yang terdapat di situ. Hanya milikMu seluruh puji, Engkau yang mengendalikan langit serta bumi dan siapa saja yang terdapat di situ. Hanya milikMu seluruh puji, Engkau pencipta langit serta bumi dan siapa saja yang terdapat di situ. Engkau Maha benar, janji- Mu benar, firman- Mu benar, pertemuan dengan- Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, serta kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya kepada- Mu saya pasrah diri, hanya kepada- Mu saya beriman, cuma kepada- Mu saya bertawakkal, cuma kepada- Mu saya bertaubat, cuma dengan petunjuk- Mu saya berdebat, cuma kepada- Mu saya meminta keputusan, sebab itu, ampunilah aku atas dosaku yang sudah lewat serta yang hendak tiba, yang kulakukan sembunyi- sembunyi ataupun yang kulakukan terang- terangan. Engkau yang amat mula serta yang sangat akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.( HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad).

Keterangan; Diambil dari beberapa sumber

 Konsultasi Umroh

Pelayan Tamu Allah & Rasulullah