Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekolah Diliburkan Karena Corona, Ruang Guru Buka Kelas Online Gratis



Hari ini ruang guru tengah memberikan layanan gratis kepada para pelajar atau calon pelajar yang akan belajar secara online.

ni adalah langkah positif dari ruang guru. Pasalnya, semakin merebaknya kasus virus corona dimana update terakhir presiden Republik Indonesia atas arahan World Health Organization (WHO).


Agar Presiden Indonesia, Joko Widodo menerbitkan surat keputusan tentang status bencara nasioanal non-alam.

Ruang guru menggratiskan kelas belajar online sebagai respon dari beberapa kepala daerah yang meliburkan sekolah selama 2 pekan kedepan.

Sebagai salah satu orang yang pernah menjadi pengajar di ruang guru admin juga merasa terpanggil untuk membantu layanan belajar online.

Layana belajar online ini tentu terbatas pada pelajaran yang admin kuasai. Artinya tidak semua mata pelajaran bisa admin bantu.

Seperti yang admin ambil dari ruang guru, saat menjadi pengajar. Admin mengambil pelajaran bahasa arab dan agama.


Pelajaran bahasa arab dan agama insya Allah bisa admin garap dan siap membantu adik-adik yang sedang libur sekolah untuk belajar online. Admin merasa ruang guru telah memberikan bantuan dalam situasi seperti sekarang ini.

Pendiri sekaligus direktur utama ruang guru, Belva Devara mengatakan bahwa layanan belajar online gratis dari ruang guru ini merupakan bentuk kepeduliannya pada kesehatan, keselamatan jutaan guru, siswa, dan orang tua.

Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran online (live teaching) melalui aplikasi ruang guru efektif mulai hari senin tanggal 16 Maret 2020.

Layaknya seperti sekolah biasa, para murid akan mulai belajar online di aplikasi ruang guru dari pukul 08.00-12.00.

Lebih lanjut Belva mengatakan bahwa dirinya bersama team ruang guru telah menyediakan 15 kanal live teacching yang bisa diakses oleh para siswa mulai dari kelas 1 sekolah dasar hingga kelas 12 sekolah menengah atas (SMA).

Seperti halnya sekolah biasa, para siswa dapat melihat jadwal dan mata pelajaran juga materi setiap live teaching di aplikasi ruang guru. Dan para siswa juga disediakan waktu untuk bertanya jika mendapat kendala atau kesulitan melalui live teaching.

Tim ruang guru telah menyiapkan master teacher pilihan untuk menemani para siswa dalam belajar online. Mereka semua adalah para pakar dibidang study masing-masing seperti matematika, fisika, dll.

Ruang guru ingin membantu pemerintah dalam meminimalisir masyarakat agar tidak terjadi kontak fisik. Karena seperti kita ketahui bahwa penularan covid-19 ini adalah melalui sentuhan langsung dengan penderita atau orang yang positif terjangkit virus corona.

Mengikuti jejak langkah ruang guru, admin ingin juga membantu adik-adik siswa terutama yang ingin belajar bahasa arab dan bidang pelajaran agama. Semoga dapat sedikit membantu dalam memahami kedua mata pelajaran tersebut.

Admin berharap semua orang yang memiliki kemampuan mengajar agar mengikuti jejak yang diambil oleh ruang guru yaitu memberikan layanan gratis kepada siswa/siswi yang membutuhkan bantuan.

Kita menyadari dalam kondisi ini, segala aktifitas dan gerak serba terbatas, maka dalam keterbatasan ini kita sama-sama saling membantu saudara-saudara kita seperti yang telah dilakukan oleh ruang guru.

Selain itu, diluar kasus yang sekarang terjadi yaitu covid-19, sobat bisa mendaftar menjadi pengajar di ruang guru. Daftar bisa dilakukan melalui website ruang guru secara online.

Pengalaman saya, mengajar di ruang guru itu enak. Selain upahnya lumayan, sobat juga bisa menentukan sendiri mau diambil atau tidak jika ada tawaran mengajar dari tim ruang guru.

Tawaran dari ruang guru biasanya melalui aplikasi pesan whatsapp. Oleh tim ruang guru kita akan dikirimkan tawaran mengajar. Didalam tawaran itu disebutkan nama siswa, mata pelajarannya, alamat dan juga besaran upah yang diberikan oleh ruang guru kepada kita selaku pengajar.

Muksit Haetami
Tour Leader Umroh