Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Virus Corona


Tips Mencegah Virus Corona


Pemerintah Indonesia secara resmi telah mengumumkan dua warganya positif terinfeksi virus corona (covid-19). Tulisan ini semoga bisa menjadi tips mencegah virus corona.


Presiden Jokowi didampingi oleh menteri kesehatan, Terawan Agus Putranto menyatakan didepan awak media bawa dua warga negara yang positif terinfeksi virus corona adalah warga Depok, Jawa Barat. Tips mencegah virus corona.

Dilansir dari detik.com, bahwa dua warga negara yang terinfeksi virus sebelumnya melakukan interaksi pada saat acara dansa dengan warga negara Jepang di sebuah tempat di Depok. Bagaimana tips mencegah virus corona?

Setelah adanya kasus ini, tentu kita harus waspada dengan melakukan langkah-langkah preventif atau pencegahan dari menyebarnya virus corona. Langkah pencegahan yang dapat kita ambil dalam rangka menjaga diri dan keluarga dari virus corona.

Pemerintah Indonesia melalui kementerian kesehatan jtelah menghimbau seluruh masyarakat agar menjaga diri dari hal-hal yang dapat menyebarnya virus corona ini.

Sebelumnya pemerintah Indonesia menyatakan tidak ada warganya yang terjangkit virus corona. Sebagian negara lain tidak percaya. Termasuk Saudi Arabia.

Saudi Arabia mengambil langkah pahit. Warga Indonesia tidak diperbolehkan masuk ke negaranya baik untuk keperluan ibadah umroh maupun haji atau wisata.

Dmpak dari meluasnya virus corona ini telah menyebabkan sebagian sektor pariwisata lumpuh. Orang-orang dari negara lain merasa takut untuk datang ke Indonesia.

Situasi seperti ini tentu tidak nyaman. Apalagi sampai berlarut-larut. Roda perekonomian harus kembali berjalan terutama sektor pariwisata.

Pencegahan virus corona sejak dini menjadi amat penting. Semua pihak harus secara sadar menjaga diri dari terinfeksi virus corona ini.

Corona virus hanya menyebar dengan satu cara.

Virus menyebar dari cairan bersin orang sakit masuk melalui mata, hidung, mulut orang sehat
Jadim bila anda melihat orang bersin atau batuk atau sakit, anda dapat melakukan hal-hal berikut;

1.    Jaga jarak 0,5 meter hingga 2 meter adalah jarak aman dari cairan bersin
2.    Berikan masker. Bila bersin,orang disekitarnya akan terjaga dari cairan bersin

Dan usahakan menghindari kerumunan, kita tidak tahu siapa yang sedang sakit. Orang terinfeksi tidak menunjukan gejala apapun tapi tetap bisa menularkan

Virus orang sakit dapat menularkan melalui tangan, gagang pintu, pegangan bus/kreta, pulpen, sumpit, tisu, gelas, HP, keyboard, tombol lift, pegangan tangga, bagian luar masker dll.

Bila anda menyentuh barang-barang tersebut, kemudian menyentuh wajah atau mata anda, atau keluarga anda, maka semua dapat tertular sakit. Virus tetap menempel pada objek selama 24 jam. Dan cara paling efektif untuk menghilangkannya adalah dengan mencuci pakai sabun.

Akan sangat baik

Bila anda mengikuti 5 langkah pencegahan berikut

1. Jangan sentuh muka anda (atau muka orang lain) bila iya, cuci tangan anda hingga lengan dengan memakai sabun.

Cuci tangan secara menyeluruh. Bagian depan dan belakang tangan anda, sela-sela jari, bawah kuku, selama 20 detik.

2.    Buang masker bila sudah kotor. Jangan pergunakan masker lebih dari sehari

-  Bakteri bisa berkembang pada masker bila dipakai terlalu lama
-          Jangan sentuh bagian luar masker

-          Bila tersentuh, segera cuci tangan pakai sabun
       Jangan berbagi makanan, alat makan, gelas, handuk dll

4.    Bila memungkinkan, tutup pintu dengan menggunakan siku atau bahu anda
Kita tidak mungkin menyentuh muka dengan siku atau bahu.

5.    Cuci tangan pakai sabun

Sebelum makan dan setelah kembali dari tempat umum
Sumber: Komang Priambada

Muksit Haetami
Pelayan Tamu Allah & Rasulullah