Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wabah Virus Corona Menyebar, Saudi Setop Penerbangan Umroh


Virus Corona (Covid-19) benar-benar telah menjadi ancaman serius hampir semua negara terutama Asia. Dikutip dari beberapa sumber informasi, jumlah jamaah umroh yang batal berangkat ke tanah suci mencapai 3.000 an lebih.


Pada tanggal 27 Februari 2020, pihak Saudi Arabia secara resmi mengumumkan penyetopan jamaah umroh dari beberapa negara termasuk Indonesia.

Meski secara internal, Indonesia hingga detik ini belum menemukan pasien yang positif terkena virus Corona, namun pihak Arab Saudi dan beberapa negara lain seakan tidak percaya akan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh negara Indonesia.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keputusan sampai kapan penghentian jamaah umroh ini berlaku. Semoga tidak terlalu lama dan para jamaah umroh yang sempat tertunda bisa berangkat ke tanah suci.

Saudi Arabia sendiri memiliki argumen atau alasan kuat atas kebijakan yang diambil. Tentu dalam rangka mencegah penyebaran virus mematikan ini. Semua pihak selayaknya menghargai kebijakan yang telah diambil oleh Saudi Arabia.

Sementara itu, pengurus besar Nahdlatul ulama menyikapi kebijakan yang diambil oleh pemerintah kerajaan Saudi Arabia sebagai langkah preventif. Lebih lanjut, melalui ketua umum pengurus besar Nahdlatul ulama, KH. Said Aqil Siradj mengatakan bahwa kebijakan yang diambil oleh Saudi Arabia sudah sesuai dengan kaidah ushul fiqih

درء المفاسد مقدم على جلب المصالح

Menghindari kerusakan lebih diutamakan dalam menarik atau mendatangkan maslahat atau kebaikan

Muksit Haetami
Pembimbing Umrah & Haji