Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghasilkan Uang Dari YouTube, Emang Bisa?



Dulu, saya tidak percaya sama sekali jika bisa menghasilkan uang dari youtube. Ketidakpercayaan ini tentu karena kebodohan atau kurangnya ilmu yang saya miliki.

Tetapi semakin kesini saya semakin sadar bahwa ternyata menghasilkan uang dari youtube itu benar adanya. Hal itu seiring banyaknya para youtuber yang kerap muncul di beranda youtube saya.


Saya dan bahkan temen-temen juga pernah berpikir “gimana caranya bisa dapet uang atau gaji dari youtube?”

Sayangnya, pertanyaan itu terbatas alias mentok hanya sebagai pertanyaan belaka tanpa mau tahu dan mencari tahu “how to earn money” nya.

Hari berganti, rasa penasaran pun kiat menggeliat. Maka intensitas membuka aplikasi youtube pun makin rajin. Meski baru sebatas menonton video milik orang lain.

Akhirnya secara tidak sengaja, saya menemukan sebuah channel youtube yang menurut saya cocok untuk dijadikan tutorial membangun channel, nama channelnya Den JC.

Channel youtube Den JC mungkin cukup familiar dikalangan youtube pemula seperti saya. Pasalnya, hampir semua youtube pemula pernah singgah dan bahkan menyedot ilmu yang dibagikan oleh Den JC secara Cuma-Cuma.

Sebetulnya, saya sendiri sudah membuat channel youtube sejak April 2012, dengan nama channel Muksit Haetami sebagaimana keterangan dari kolom “tentang” youtube.

Namun itu hanya sebatas bikin channel yang kelanjutannya tidak tahu mau di apakan. Lagi-lagi daya juang untuk belajar masih nihil.

Jadi, channel itu diam terpaku selama bertahun-tahun. Padahal orang-orang saat itu sudah banyak yang menikmati hasil dari uang youtube.

Hmm sayang sekali ya..karena kemalasan untuk belajar, akhirnya tertinggal. Jangan sampai terjadi sama anda yang sedang membaca artikel ini.

MULAI SEMANGAT BELAJAR

Tekad sudah lumayan bulat, meski belum seratus persen bulat kayak tahu bulat. Tapi sudah ada kemajuan sedikit.

Dari situ mulai tumbuh minat untuk belajar. Entah lewat buku, lewat youtube, lewat media sosial dll. Intinya sejak saat itu jiwa belajar semakin menggebu.

Saya sadar, kemampuan untuk memproduksi video belum cukup. Belum ada kamera, belum punya tripod, belum ada alat yang mendukung. Bahkan sampai saat inipun, hanya bermodal smartphone, laptop second, dan tripod sederhana.

MULAI PRODUKSI VIDEO

Hati semakin yakin. Mulailah bikin-bikin video sederhana. Video tentang kegiatan sehari-hari, kegiatan pekerjaan dan kegiatan keluarga, semua masuk ke youtube. Jadilah channel campuran.

Untuk awal-awal enggak apa-apa. Yang penting bikin video, upload ke youtube, selesai. Soal ada yang menonton, itu urusan ke sekian.

Pikiran saya saat itu sederhana, bagaimana hobi saya bisa tersalurkan dan jika nanti dapat komisi berupa uang, itu adalah imbalan dari hasil kerja keras. Karena saya yakin tidak ada usaha yang sia-sia.

MULAI SEMANGAT UPLOAD

Saya ingat, sekitar bulan Mei 2019 lalu mulai rajin upload, bahkan hampir tiap hari. Semangat saya jujur saja karena banyak sekali youtuber yang menghasilkan uang dari youtube.

Hampir setiap hari saya berpikir untuk mencari ide dan merealisasikannya menjadi sebuah karya. Pagi, siang, malam saya fokus bikin koten youtube meski tetap harus bekerja sebagai seorang tour leader umroh.

Waktu berjalan, video sudah banyak di upload tapi subscriber enggak bertambah apalagi views hanya sedikit. Sempat mau berhenti putus asa. Tapi ada lagi semangat muncul saat melihat teman-teman sukses.

Bahkan untuk mengejar subscriber dan jam tayang, saya sampai melakukan metode atau cara yang dilarang oleh youtube, sub for sub (s4s). Metode ini biasa digunakan oleh youtuber pemula yang ingin mendapatkan subscriber dan jam tayang dengan cepat.

Pada artikel selanjutnya, saya akan bahas  Bagaimana Membuat Channel Youtube...stay tune ya

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel ini, semoga bermanfaat

Tour Leader Umroh