Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Rumah Harus Selalu Bersih



Berbicara kebersihan, tentu erat kaitannya dengan ajaran agama yang kita anut, Islam. Dalam Islam, tersurat perintah tentang menjaga kebersihan.

Kebersihan mencakup badan,pakaian, rumah, tempat ibadah,dan bahkan tempat umum. Maka sesungguhnya mereka yang bekerja pada jasa kebersihan rumah, masjid dll itu sangat mulia.

Namun tidak semua orang menyadari pentingnya kebersihan. Apa sebab? Karena kesadaran itu belum muncul didalam benak mayoritas orang.

Barangkali hanya baru pekerja kebersihan atau jasa kebersihan rumah, hotel, apartemen yang memiliki kesadaran tinggi terhadap kebersihan. Itu pun barangkali karena ada faktor lain, yaitu bekerja dan digaji.

Guru saya, Habib Saggaf BSA, pernah berkata “kesadaran jauh lebih berharga dari sekedar keberuntungan”.

Itulah mengapa orang yang sadar itu bisa dikatakan orang yang sangat beruntung sekali dibanding orang yang beruntung itu sendiri.

Setidaknya ada enam manfaat jika rumah atau tempat tinggal kita selalu bersih

1.  Lebih aktif dalam bergerak

Sudah tentu, rumah bersih membuat nyaman dalam bergerak. Sebaliknya rumah yang kotor membuat penghuninya menjadi malam dalam bergerak. Bahkan bisa jadi membuat tidak betah tinggal berlama-lama dirumah sendiri. Wah jangan sampai itu terjadi yaa sahabat.

2.  Memicu produktifitas lebih tinggi

Sebagai manusia yang secara kodrati atau bawaan cinta kebersihan. Oleh karena itu, lingkungan yang bersih dapat meningkatkan produktifitas penghuninya. Karena kenyamana yang dirasakan.

3.  Tidak mudah kena stress

Stress itu bisa timbul dari rumah yang kotor. Bagaimana tidak? Pikiran manusia sejatinya tidak suka terhadap sesuatu yang berantakan dan bau. Sementara jika hal itu terjadi dirumah atau ditempat tinggal, maka akan memicu strees pada penghuninya.

4.  Menangkal Penyakit

Ruangan atau tempat tinggal yang kotor lebih mudah mendatangkan kuman dan virus. Kuman dan virus adalah jenis makhluk hidup berbahaya yang jika tidak ditangani akan membahayakan jiwa manusia. Faktor pemicu penyakit diantaranya adalah lingkungan yang tidak bersih.

5.  Kebersihan rumah berdampak pada makanan yang sehat

Makan adalah kebutuhan primer. Artinya semua orang wajib makan. Karena jika tidak makan, maka kemungkinan akan sakit. Pada saat makan, tentu makanan yang masuk kedalam perut harus bersih dan higienis. Nah, semua itu akan bisa dilakukan jika lingkungan rumah juga bersih.

6.  Rumah bersih membuat tidur lebih nyaman

Disadari atau tidak, faktor kebersihan dapat membuat pola tidur berubah. Bagaimana tidak? Jika rumah bersih maka itu akan membuat udara didalam rumah menjadi bersih, sehingga pada akhirnya membuat nyaman penghuninya ketika tidur.

Demikian catatan ringan yang bisa membantu sahabat sekalian untuk jadi lebih peduli terhadap kebersihan rumah dan lingkunannya.

Semoga bisa lebih bersih dan mencintai kebersihan ya sahabat semua demi kehidupan yang lebih baik lagi.

Jika sahabat butuh jasa kebersihan rumah, silakan menghubungi atau mengklik DISINI.

Insya Allah kami siap membantu sahabat dalam membersihkan rumah, kantor dll dengan harga spesial.

Management Suppor