Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sholawat Pohon Uang (Syajarotun Nuqud) Pelancar & Pembuka Rejeki



Bacaan sholawat pohon uang sangat sederhana. Jika sholawat pohon uang ditulis dalam latin, seperti ini lafadznya “Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad”.

Manfaat atau fadilah dari sholawat pohon uang ini sungguh luar biasa. Ada yang lunas hutangnya, ada yang dimudahkan jodohnya, ada yang lancar bisnis atau usahanya dan masih banyak lagi lainnya.

Seperti yang dialami penulis. Dengan mengamalkan sholawat syajarotun nuqud atau sholawat pohon uang, alhamdulillah bisa berkunjung ke tanah suci hampir setiap bulan. Bukan hanya umroh tetapi juga bisa mengumrohkan kedua orang tua.


Penulis sering mendapat pertanyaan melalui pesan whatsapp kira-kira begini pertanyaannya. Siapa yang boleh mengamalkan sholawat ini? Dan apakah boleh mengamalkan tanpa bertemu langsung dengan Habib Saggaf?.

Jawabannya adalah siapapun boleh mengamalkan sholawat pohon uang ini. Terlebih bagi anda yang ingin mendapat kemudahan dalam urusan dunia, rejeki, jodoh, rumah tangga dan lainnya, maka perlu mengamalkan sholawat pohon uang (syajarotun nuqud) ini.

Jawaban kedua perihan apakah harus bertemu dengan Habib Saggaf dulu untuk mengamalkan sholawat pohon uang ini?.

Perlu anda tahu bahwa beliau sudah wafat pada tahun 2010 silam. Ketika mengijazahkan sholawat pohon uang kepada para santrinya, beliau sempat bilang bahwa santri-santri boleh memberikan ijazah ini kepada siapapun.

Jadi cukup jelas bahwa dengan membaca artikel ini, anda hanya tinggal menycapkan “qobiltu” artinya, saya terima amalan sholawat pohon uang. Dan selanjutnya tinggal mengamalkan dengan istiqomah.

Sholawat pohon uang atau sholawat syajarotun nuqud ini berasal dari gurunya guru kami yaitu syekh Muhammad Balqoid Aljazair. Saat guru kami belajar di Aljazair bersama Syekh Muhammad Balqoid.
Untuk mengetahui lebih dalam tentang biografi Syekh Muhammad Balqoid Aljazair, sahabat bisa mencari referensi lain atau bisa googling. Banyak informasi tentang biografi beliau.

Mengamalkan sholawat pohon uang atau sholawat syajarotun nuqud bisa dimana saja. Bisa dirumah, di Masjid, di Sekolah, di Kantor, di lokasi bisnis. Dengan catatan tempat itu baik. Artinya bukan tempat kotor misal di dalam toilet.

Sholawat pohon uang ini adalah sholawat mulia. Isi kandungan didalamnya adalah memuji baginda Nabi Muhammad SAW. Maka usahakan tempat mengamalkan sholawat ini harus bersih dan rapi. Karena Baginda Nabi adalah makhluk yang mulia. Bahkan paling mulia di dunia.

Titah dari guru kami, waktu mengamalkan sholawat pohon uang adalah selepas sholat isya sebanyak 400x (empat ratus kali). Apakah membaca sholawat diluar setelah sholat isya tidak boleh?. Boleh- boleh saja, tetapi untuk sholawat lain. Artinya jika sahabat mengamalkan sholawat pohon uang, maka harus setelah sholat isya. Sebagai bentuk taat terhadap pemberi ijazah.

Mengapa harus sholawat? Begini, Allah SWT dan para malaikatnya saja bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Nah, masa manusia sebagai makhluk Allah SWT tidak bersholawat?. Sungguh hina dan keterlaluan jika manusia beriman tidak mau bersholawat kepada Baginda Nabi.

Baginda Nabi Muhammad SAW itu manusia yang paling mulia dimuka bumi. Beliau kekasih Allah. Apa saja yang beliau minta kepada Allah, pasti dikabulkan oleh-Nya.

Sebagai manusia penuh dosa, sangat jauh jika berdoArab Saudi atau meminta kepada Allah SWT untuk dikabulkan. Maka meminta tolong kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dengan bersholawat kepadanya.

Kenapa sholawat? Karena itu yang paling mudah dan dahsyat efeknya. Dan jika kita cinta terhadap sesuatu/seseorang maka sering-sering menyebutnya. Maka kita bersholawat itu dalam rangka menyebut nama Baginda Nabi SAW agar beliau ingat kepada kita.

Muksit Haetami
Tour Leader Umroh/Blogger