Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Travel Umroh Babak Belur Karena Corona?


Tercatat sejak tanggal 27 Februari 2020, Arab Saudi menutup akses penerbangan ke negaranya terutama untuk visa umroh.

Ribuan jamaah yang hari itu akan berangkat terpaksa harus kembali kerumah masing-masing dengan wajah sedih.

Tidak hanya para calon jamaah yang bersedih tetapi juga semua pengantar jamaah yang dengan sengaja datang dari kampung untuk mengantar juga ikut bersedih.

Kenyataan ini memang pahit. Semua tidak menginginkan hal ini terjadi bak dari jamaah atau pihak penyelenggara travel umroh dan haji.

Namun kenyataan pahit ini terjadi karena corona yang semakin menggila. Seluruh dunia terkena dampak corona. Dan semua lini bisnis merasakan dampak sangat serius.

Sejak saat itu, hingga detik ini travel umroh masih belum mendapat kepastian soal kapan umroh akan dibuka kembali.

Soal haji tahun 1441 H, alhamdulillah kita sama-sama mengtahui bahwa pelaksanaan haji berjalan dengan lancar meski hanya diikuti oleh warga Saudi Arabi dan para ekspatriat.

Jumlahnya pun hanya 1000 orang, meski ada berita yang mengatakan ada 10.000 jamaah haji yang ikut melaksanakan haji tahun 1441 H.

Kenyataan ini sungguh sangat pahit, terlebih lagi bagi para pengusaha travel haji dan umroh. Mereka harus berpikir keras agar usahanya tetap eksis.

Namun semua itu tidak mudah, terlebih bagi perusahaan travel yang modalnya tidak gede. Bisa jadi akan melakukan pengurangan karyawan dan lainnya.

Penulis merasakan betapa dampaknya corona ini sangat luar biasa. Kebetulan memang punya perusahaan travel umroh meski kecil dan baru berdiri sekitar 3 tahun (est.2017).

Memang belum seberapa jika dibandingkan dengan travel umroh/haji yang besar yang memiliki banyak karyawan.

Bergabung di Bisnis Cleaning Service

Karena tidak ada kegiatan di bisnis travel umroh, sementara biaya hidup harus terpenuhi, maka saya memutuskan untuk bergabung menjadi bagian dari persahaan PT Bintang Mitra Pratama.

Perusahaan yang bergerak di dunia cleaning service, security, dan manpower supply. Berkantor di Ciputat Tangerang Selatan.

Saya berpikir jika tidak mengambil keputusan untuk bergabung di perusahaan cleaning service maka kemungkinan untuk menunggu umroh dibuka kembali agak lama.

Ini juga barangkali pertolongan dari Allha SWT. Disaat sulit, masih ada orang baik yang peduli dan mengajak bergabung di bisnisnya.

Maka saya  sangat bersyukur bisa terus bekerja ditengah kesulitan yang melanda banyak orang. Dan bisnis cleaning service ini adalah salah satu bisnis yang masih bertahan meski ditengah badai pandemi corona.

Ada seorang pengusaha yang berkata “Bukan bisnis besar atau kecil yang akan bertahan, tetapi mereka yang mampu beradaptasi yang akan terus bertahan dan maju”

Update Terbaru Umroh

Sampai dengan detik ini, pihak Arab Saudi masih belum memberikan kabar resmi dan pasti mengenaik kapan pembukaan umroh.

Meski tersebar kabar dari beberapa media dan penyelenggara travel umroh sendiri bahwa umroh akan dibuka pada bulan oktober 2020.

Namun validasi dari berita tersebut masih diragukan. Pasalnya memang belum ada kabar yang datang secara resmi dari kerajaan Saudi Arabia.

Semoga pandemi covid-19 corona ini segera berakhir. Dan semua manusia di dunia diberi kekuatan untuk menghadapi pandemi ini.

Terkhusus umat Islam Indonesia yang sudah berniat akan melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci semoga Allah perkenankan.

Kita hanya bisa berdoa dan berikhtiar semampu kita. Selebihnya tawakkal dan pasrah diri kepada Allah SWT.

Salam,

Muksit Haetami