Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Delapan Kecakapan Hidup yang Harus Dikuasai


Life Skills
tak pelak merupakan bekal kunci untuk merajut masa depan yang lebih baik dan epik.

Yodhia Antariksa secara epik menjelaskan delapan jenis life skills yang dapat merubah kehidupan anda menjadi lebih baik.

Apa saja delapan life skills itu?

1.    Self Learning Skills

2.    Grit & Resiliency Skills

3.    Creative Problem Solving Skills

4.    Personal Productivity Sills

5.    Mind Management Skills

6.    Professional Manner

7.    Digital Literacy Skills

8.    Money Management Skills

Menurut Yodhia Antariksa dalam sebuah bukunya yang berjudul “Life Skills; 8 Kecakapan Hidup Demi Masa Depan yang Epik”. Bahwa definisi dari life skills adalah serangkaian keterampilan kunci yang dibutuhkan untuk mengelola tantangan hidup sehari-hari, demi meraih kesuksesan yang paling optimal.

Life Skills juga bermakna serangkaian kecakapan untuk terus gigih berjuang agar impian hidupmu yang indah benar-benar tercapai dan bukan terus menggantung dalam khayalan belaka.

Sayangnya, life skills tidak diajarkan secara intens dalam ruang-ruang sekolah dan kuliah yang acapkali lebih menekankan pencapaian nilai akademis semata.

Life skills tidak pernah dijadikan titik sentral proses pembelajaran untuk membangun insan-insan produktif, mandiri dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Padahal sejumlah studi terkini dalam ilmu human peformance menemukan bahwa ada sejumlah komponen life skills yang ternyata lebih menentukan kesuksesan seseorang dalam hidupnya, dibanding level IQ dan intelegensi seseorang.

Belajar dari sebuah pengalaman, ternyata banyak yang dahulu ketika masih di bangku sekolah atau kuliah, memiliki nilai yang bagus secara akademik tetapi setelah lulus mereka hanya bisa bekerja untuk orang lain.

Tetapi ada juga sebagian orang yang secara nilai akademis nihil bahkan terkesan ‘nakal’ tetapi setelah lulus dari sekolah ternyata mereka mampu menjadi seorang pengusaha dan bos untuk dirinya sendiri.

Life skills memang jauh lebih penting daripada sekedar pencapaian skor akademis seperti nilai indeksprestasi, sebab tantangan hidup memang lebih kompleks dibanding sekedar nilai A, B atau C.

Tanpa dibekali dengan kecakapan atau life skills seseorang tak akan pernah bisa mencapai kesuksesan hidup yang dia impikan secara optimal.

Sejumlah orang memiliki nasib yang begitu-begitu aja, karena ia tidak berhasil menampilkan life skills yang sejatinya dapat menaikkan taraf hidupnya lebih baik lagi.

Kesimpulan sementara dari tulisan singkat ini adalah, bahwa anda harus mulai berbenah. Pelajari life skills yang sekiranya dapat membantu percepatan kesuksesan anda di masa depan.

Jika hanya diam dan mengandalkan hidup yang normatif atau biasa-biasa saja, maka anda harus siap-siap dengan kehidupan yang apa adanya tanpa ada perubaha ke arah yang lebih maju.

Makin kesini, dunia semakin keras. Cara kita mencari uang pun berubah. Dunia onlie saat ini sangat mendominasi. Maka jangan heran jika ada orang yang kerjanya hanya koloran dan dirumah saja tetapi punya penghasilan milyaran.

Kecakapan hidup atau life skills betul-betul harus dipelajari agar dapat meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Aamiin

MuksitHaetami