Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapat Uang dari Youtube


Bismillah, lewat tulisan ini saya ingin sharing/berbagi kepada teman-teman semua terutama yang ingin sekali mendapat penghasilan tambahan atau mendapat uang dari youtube.

Pertanyaan “bagaimana cara mendapat uang dari youtube” sudah terlintas beberapa tahun silam. Tepat ketika saya mengenal dunia digital. Sekitar 8 tahun lalu.

Jadi sudah hampir 8 tahun saya mencari tahu bagaimana cara mencari atau mendapatkan uang dari youtube. Namun baru tahun ini (2020) saya akhirnya bisa benar-benar merasakan uang dari youtube.

Berbagai cara saya lakukan. Mulai dari membaca buku tentang youtube, membaca blog yang membahas tentang youtube, lalu menonton channel youtube yang membahas tentang cara mendapatkan uang.

Saya tidak tahu berapa waktu yang sudah terpakai untuk belajar ilmu tentang cara mendapatkan uang atau penghasilan dari youtube. Berapa gigayte kuota yang terpakai untuk sekedar membuka blog, channel youtube.

Tetapi saya tidak putus asa. Meski banyak juga hal-hal konyol yang saya lakukan demi meraih uang dari youtube.

Hal konyol yang saya ingat misalnya melakukan sub for sub (sub4sub). Istilah sub for sub pasti sangat melekat pada mereka yang mencoba peruntungan di dunia youtube.

Sub for sub artinya metode atau cara mendapatkan subscriber dengan cara saling subscribe antara youtuber satu dengan lainnya. Tentu cara ini dilarang keras oleh pihak youtube.

Kenapa kemudian sub for sub ini banyak dilakukan oleh calon youtuber? Karena demi mencapai persyaratan monetisasi. Dimana syarat utama agar sebuah channel youtube bisa mendapatkan penghasilan adalah minimal memiliki seribu subscriber dan 4000 jam tayang.

Berdasar pengalaman saya ada setidaknya beberapa hal yang harus dilakukan agar channel youtube bisa menghasilkan uang (bisa di monetisasi)

1.       Aktif mengupload video

Hal paling krusial adalah konsistensi dalam mengupload sebah video ke channel youtube. Diperlukan keseriusan dan mental baja agar tetap bisa konsisten untuk upload video setiap hari.

2.       Be your self

Yes, jadilah diri sendiri. Jangan mudah terbawa suasana atau ikut-ikutan orang lain. Temukan apa passionmu, apa kelebihanmu, itulah yang kamu tunjukan di videomu.

3.       Percantik tampilan Channelmu

Mulai dari channel banner, profil, dan lain sebagainya. Tujuannya agar ketika orang mampir ke channel youtubemu, mereka rela untuk subscribe karena tertarik dengan tampilan channel youtubemu.

4.       Pelajari Search Engine Optimazion (SEO)

Mulai dari pemilihan judul video, thumbnail, tag video, deskripsi video dan lainnya. Maksimalkan semuanya.

Regards,
Muksit Haetami