Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Umroh Segera Dibuka Bagi Jamaah Indonesia?

kangmuksit.comSudah hampir dua tahun sejak pertama kali Kerajaan Saudi Arabia melarang secara resmi jamaah umroh masuk ke wilayahnya.


Tepat pada tanggal 27 Februari 2020, Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menutup akses bagi seluruh jamaah umrah dari berbagai negara.

Alasan yang semua orang tahu yaitu karena mewabahnya kasus covid-19 di hampir seluruh negara tak terkecuali Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa covid-19 ini membuat seluruh negara di dunia kerepotan. Dari sisi ekonomi dan lainnya.

Sempat beberapa kali Kerajaan Arab Saudi membuka program umrah meski dengan jumlah atau quota terbatas dan peraturan yang sangat ketat.

Namun karena kasus covid-19 masih belum terkendali, akhirnya Arab Saudi membuat peraturan baru lagi untuk menghentikan akses masuk jama’ah umrah, tentu ini adalah keputusan terbaik demi menjaga keselamatan jiwa manusia.

Quota Umrah akan Kembali Seperti Sebelum Pandemi

Ini adalah kabar baik bagi seluruh calon jamaah umrah yang telah lama merindukan tanah suci Makkah dan Madinah.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan bahwa Arab Saudi siap menjadi tuan rumah bagi jamaah umrah sesuai dengan kuota yang ditetapkan sebelum merebaknya Virus Corona.

Dikutip dari harian Al-Sharq Al-Awsat, Dr. Amr Al-Madah, Wakil Menteri Haji dan Umrah mengatakan, “semua tindakan telah diambil untuk menampung para Peziarah. Tidak ada kesulitan dalam melakukannya.”

“Kementerian Haji mampu menangani jamaah umrah sesuai kuota yang dialokasikan untuk masing-masing negara dan kami tidak akan menghadapi kesulitan jika situasi sebelum corona kembali pulih,” kata Dr. Amr Al-Madah.

Masih menurut Al-Madah, Kementerian Haji sedang memperbarui aplikasi ‘Shyaar’ dan ‘Eatmarna’ sehingga semua fasilitas yang mungkin tersedia untuk jamaah haji dan umrah tepat waktu.

Aplikasi Kementerian Haji dinilai telah sukses selama musim haji baru-baru ini. Diantaranya menyimpan informasi lengkap tentang identitas jamaah, kesehatan dan fasilitas lainnya.


Muksit Haetami

Pembimbing Ibadah Umrah & Haji