Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Nyata Jamaah Haji Indonesia di Tanah Suci



Sesuai namanya, tanah suci, berarti kita harus hati-hati dalam berucap dan berbuat sesuatu. Memperbanyak kalam positif, berdoa, beribadah sunnah lainnya. Itulah yang seharusnya dilakukan oleh jamaah haji atau umrah ketika berada disana.

Sudah banyak kisah nyata terjadi di tanah suci. Sahabat bisa cari di beberapa video di channel saya ini yang membahas kisah para jamaah di tanah suci. Ada kisah yang membahagiakan, ada juga yang membuat sedih dan miris mendengarnya.

Kisah-kisah yang saya ceritakan di channel ini merupakan kisah nyata yang dialami oleh jamaah umrah atau haji. Tujuannya agar bisa memetik hikmah atau pelajaran.

Nah, di video kali ini ada kisah yang bagi saya sangat inspiratif. Kisah ini diambil dari pengalaman orang tua salah satu subscriber channel Muksit Haetami.

Begini kisahnya…

“alhamdulillah kedua orang tua saya sudah melaksanakan ibadah haji pada tahun 1982 yaitu 40 tahun silam.

Ada cerita menarik saat kedua orang tua saya pergi melaksanakan ibadah haji kala itu. Perjalanan dari Madinah menuju Mekkah semuanya dipermudah oleh Allah Swt.

Tiap kali berpapasan dengan orang asing atau orang yang tidak dikenal, kedua orang tua saya selalu diberi makanan, entah berupa roti atau kurma sampai dengan air minum. Sehingga kedua orang tua sampai kewalahan menerima pemberian dari orang-orang.

Kejadian itu berlajut ketika kedua orang tua tiba di hotel. Banyak orang yang mencari hanya untuk sekedar memberikan bingkisan makanan.

Alhamdulillah selama ti tanah suci, orang tua saya mendapat karunia dan kebaikan dari orang lain yang tidak pernah kenal sebelumnya.

Proses ibadah haji telah usai, maka tiba saatnya pulang ke tanah air. Tiba di bandara Indonesia, tiba-tiba ada orang Arab nyamperin lalu memberikan bingkisan kepada kedua orang tua saya.

Bingkisan itu berupa tas besar yang katanya isinya oleh-oleh untuk kedua orang tua. Setibanya di rumah, dibukalah bingkisan tersebut dan Alhamdulillah isinya ada perlengkapan sholat dan banyak jenis makanan yang banyak sekali.

Tanpa pikir panjang, hadiah itu kemudian dibagikan ke semua tetangga. Demikian kisah yang disampaikan oleh salah seorang subscriber channel ini.

Pelajaran atau hikmah apa yang dapat kita ambil dari cerita diatas. Dan apa kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua tadi di tanah air sehingga mendapat perlakuan yang baik dari orang-orang di tanah suci.

Ternyata kedua orang tua tadi selama hidupnya selalu baik kepada semua orang, senang membantu orang lain dan selalu ikhas dalam beramal.

Jika sahabat punya cerita menarik saat melakukan ibadah di tanah suci boleh tulis di kolom komentar yaa. Agar orang lain termotivasi untuk menjadi lebih baik.

Salam,

Muksit Haetami